Skip to main content

Contoh Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Pernahkah sobat berifkir kenapa sinar matahari, lampu terdiri dari berbagai warna seperti warna pelangi. Cahaya atau sinar merupakan salah satu dari gelombang yang bisa terlihat diantara sebagian besar gelombang yang tidak terlihat. Gelombang elektromagnetik membentuk spektrum energi gelombang berkelanjutan mulai dari gelombang radio yang sangat panjang hingga gelombang sinar gamma yang sangat pendek. Cahaya yang terlihat hanya mewakili sebagian kecil dari spektrum ini. Sebenarnya kita ini dikelilingi oleh gelombang elektromagnetik baik yang terlihat atau pun tidak terlihat.

Apa yang dimaksud dengan spektrum Gelombang Elektromagnetik? Sepktrum elektromagnetik adalah susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya.




Radio


Gelombang radio merupakan gelombang terpanjang dalam spektrum elektromagnetik. Gelombang radio dipergunakan untuk memancarkan informasi melalui atmosfer tanpa kabel. Dipergunakan untuk membawa sinyal radio, televisi, ponsel dan lain-lain.  Frekuensi gelombang radio dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebar frekuensinya. Gelombang radio dihasilkan oleh muatan-muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. Gelombang radio dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula. 

Para astronom menggunakan teleskop radio untuk menerima gelombang radio yang dipancarkan oleh planet, bintang, galaksi, dan nebula dalam mempelajari benda angkasa yang jaraknya jauh dari bumi.

Microwave

Gelombang Microwave banyak dipergunakan dalam teknologi modern untuk beragam aplikasi seperti memanaskan makanan misalnya oven microwave, pembuka pintu garasi, untuk mengirimkan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Gelombang microwave yang pendek dapat digunakan untuk radar.

Infrared

Sinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. Gelombang inframerah sedikit lebih panjang dari sinar lampu yang terlihat. Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda dipanaskan. Jadi setiap benda panas pasti memancarkan sinar inframerah. Infrared biasa dipergunakan oleh beberapa jenis kamera saat malam atau gelap untuk mendeteksi panas dari sebuah obyek. Perangkat elektronik seperti remote TV juga memanfaatkan infrared untuk mengontrol pesawat televisi.

Cahaya Terlihat

Gelombang cahaya terlihat adalah satu-satunya gelombang elektromagnetik yang bisa dilihat oleh mata manusia. Gelombang Cahaya Tampak/terlihat. memiliki warna seperti warna pelangi, red, orange, yellow, green, blue, indigo dan violet. Setiap warna memiliki panjang gelombang yang berbeda. Merah memiliki panjang gelombang terpanjang, dan violet memiliki panjang gelombang terpendek. Ketika semua gelombang terlihat bersama, mereka membuat cahaya putih. 

Ultraviolet

Gelombang ini dihasilkan oleh atom dan molekul dalam nyala listrik. Matahari adalah sumber utama yang memancarkan sinar ultraviolet dipermukaan bumi, Lapisan ozon yang ada dalam lapisan atas atmosfer yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan meneruskan sinar ultraviolet yang tidak membahayakan kehidupan di bumi Panjang gelombang antara 10 dan 400 nanometer. Terlalu banyak terpapar sinar UV (seperti yang dipancarkan dari Matahari kita) dapat menyebabkan efek berbahaya seperti terbakar sinar matahari. Sinar ultraviolet telah digunakan untuk hal-hal positif seperti peralatan laser UV, lampu neon dan untuk desinfektan air limbah.

Sinar X (X-rays)

Sinar-X merupakan salah satu diantara gelombang yang memiliki panjang terkecil dalam spektrum elektromagnetik. Sinar-X memiliki energi lebih tinggi dari pada sinar ultraviolet, tetapi panjang gelombang lebih panjang dari sinar gamma. Sinar-X biasa dipergunakan untuk peralatan radiografi diagnostik karena memiliki daya tembus yang kuat, terlalu banyak paparan (radiasi terlalu kuat dan / atau Anda terlalu lama terpapar) bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Sinar-X berada pada rentang frekuensi 300 juta GHz (1017) dan 50 miliar GHz (1019).  

Sinar Gamma (Gamma-rays)

Sinar gamma frekuensinya dari 1018 Hz sampai 1022 Hz dan merupakan gelombang yang memiliki panjang terkecil dalam spektrum elektromagnetik. Daya tembus paling besar, yang menyebabkan efek yang serius jika diserap oleh jaringan tubuh. Sinar Gamma memiliki energi paling besar dari gelombang apa pun. Gelombang dihasilkan oleh proses radioaktif seperti dalam ledakan nuklir. Dapat digunakan untuk membunuh sel-sel hidup, seperti kanker, tetapi dapat memicu perubahan DNA dengan mengganggu bahan genetik sel.

Semoga bermanfaat....

Related Post

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer