Skip to main content

BERBICARA SAAT BERWUDHU BATAL?

Ketika wudhu seseorang tidak sah menurut pandangan syariat maka ibadah selanjutnya yang akan dikerjakan bisa jadi tidak sah juga secara syariat.

Di sekitar kita sering dijumpai orang yang sedang berwudhu  berbicara yang disebabkan oleh beberapa hal. Menurut ulama saat berwudhu di sunahkan untuk diam dan makruh jika berbicara saat berwudhu. Kecuali jika ada hal yang mendesak atau menjawab salam. 

Hukum menjawab salam saat berwudhu para ulama berbeda pendapat. Sebagian ulama berpendapat sunah menjawab salam ketika berwudhu berdasarkan hadis berikut:

Bahwa Ummu Hani' radhiyallahuanha memberi salam kepada Rasulullah SAW yang sedang mandi. Beliau SAW bertanya,"Siapakah Anda?". Aku (Ummu Hani') menjawab,"Saya Ummu Hani' bintu Abi Thalib". Beliau SAW menjawab,"Selamat datang wahai Ummu Hani'. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan ada juga yang berpendapat makruh menjawab salam saat berwudhu.

Jadi berbicara saat berwudhu hukumnya makruh dan di sunahkan untuk diam kecuali hal-hal tertentu seperti penjelasan diatas. Hukum berbicara saat berwudhu tidak membatalkan wudhu namun berbicara saat berwudhu bisa menghilangkan konsentrasi dan kehati-hatian saat melaksanakan wudhu.

sumber: rumahffiqih.com

Related Post

Comments

Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer