Indahnya berbagi

Kurangi Sampah Plastik

Manusia sangat tergantung dengan yang namanya Plastik. Akibatnya sampah plastik semakin tidak terkendali, hampir disemua tempat sampah jenis plastik mendominasi. Ujung-ujungnya palstik-plastik itu masuk kedalam rantai makan manusia. Manusia tanpa sadar telah memakan plastik-plastik yang mereka buat sendiri, Koq bisa?

Plastik-plastik yang termakan oleh manusia berupa Mikroplastik yaitu serpihan kecil plastik yang telah terdegradasi, serat sintetis, dan manik (butiran) plastik. Mikroplastik nyaris tidak terlihat oleh mata manusia. Mikroplastik mencemari setiap sudut bumi, mulai dari persawahan hingga laut. 

Menurut ahli jenisnya dibagi dua yaitu :
  • Mikroplastik primer, menurut kalavrouziotis  mikroplastik primer terbetuk dan diproduksi langsung untuk beberapa tujuan dan kepentingan tertentu diolah dari bahan polimer yang masih mentah dan belum diolah sama sekali. 
  • Mikroplastik sekunder yaitu suatu mikroplastik terbentuk dari penguraian benda berbahan plastik yang lebih besar
Karena kecil dan tidak terlihat oleh secara mata kasat mikro plastik ketika berada di perairan akan termakan oleh organisme yang berada diperairan dan tidak bisa dicerna oleh sistem pencernaannya. Hal ini yang berpotensi mencemari rantai makanan lain termasuk rantai makanan manusia.

Kalau mikroplastik termakan manusia jelas sangat berbahaya, karena bahan kimia yang terkandung di plastik dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Sekarang, tidak hanya BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA atau JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANG mungkin bisa ditambah KURANGI SAMPAH PLASTIK SEJAK DINI

Tag : flash
0 Komentar untuk "Kurangi Sampah Plastik"

Back To Top