Skip to main content

Faktor Extern Penyebab Perubahan Sosial Budaya

Seperti dijelaskan di artikel sebelumnya penyebab perubahan sosial budaya bisa disebabkan oleh faktor intern dan faktor exteren. Dipostigan kali ini kita akan membahas faktor extern. Untuk postingan faktor intern bisa dibaca kembali disini.

Ketika terjadi pertemuan dengan budaya asing maka akan terjadi proses difusi, akulturasi dan asimilasi sosial budaya. Oleh karena itu Faktor extern adalah perubahan sosial budaya terjadi karena berasal dari luar sistem sosial budaya yang bersangkutan

Pengertian Difusi menurut William A.Haviland

Difusi sebagai penyebaran adat atau kebiasaan dari kebudayaan yang satu ke kebudayaan yang lain. Proses difusi biasanya disebabkan oleh para pedagang, penyebar agama dan penjelajah. Seperti Columbus seorng penjelajah dunia yang menyebarkan budaya asalnya ke berbagai belahan dunia

Asimilasi

Pengertian asmilasi yaitu proses terjadinya perubahan kebudayaan akibat berintegrasinya dua kebudayaan atau lebih yang mengakibatkan ciri-ciri kebudayaan yang lama menjadi hilang.

Akulturasi

Pengertian akulturasi adalah perubahan besar yang terjadi dalam kebudayaan sebagai akibat dari adanya kontak kebudayaany yang berbeda yang berlansung secara lama. Akulturasi bisa menimbulkan perubahan-perubahan besar pada pola kebudayaan pada salah satu atau kedua kebudayaan yang bersangkutan.


Related Post

Comments

Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer