Indahnya berbagi

Fungsi Pilot Jet Dan Main Jet Pada Karburator

Pada kendaran yang belum menggunakan Injection / Injeksi dalam sistem pembakaran, perawatan karburator sangat penting. Karena di step awal sistem pembakaran ini menentukan kinerja sebuah kendaraan menjadi baik atau tidak. Tugas karburator sebagai pencampur bahan bakar dan udara kemudian menyalurkannya ke ruang bakar. Oleh karena itu Karburator yang terawat dan normal akan menghasilkan pembakaran yang sempurna dan hasilnya tarikan gas pun akan enteng dan bahan bakar jadi irit, suara mesin merdu baik di puratan lemah atau putaran kencang.

Salah satu bagian dari karburator adalah main jet dan pilot jet. Part ini dalam karburator bisa dikatakan sebagai tulang punggung sebuah karburator.

Fungsi Main Jet Dan Pilot Jet

Disaat kondisi mesin berada di putaran menengah ke bawah, Pilot jet yang berperan mengatur suplai bahan bakar. Kalau saat putaran bawah sampai menengah tarikan gas kurang enak, perlu dicek kondisi pilot jet.

Fungsi main jet sama dengan pilot jet yaitu mengatur suplai bahan bakar ke ruang pacu. Bedanya kalau pilot jet bermain saat putaran rendah sampai menengah, kalau main jet kebalikannya yaitu berperan mengatur suplai bahan bakar saat kondisi putaran mesin dari menengah ke atas (tinggi)
9tinggi. Jika saat putaran tinggi gas ditarik mesin "brebed" bisa jadi akibat main jet yang kotor atau ukurannya teerlalu besar.

Karburator yang baik akan menghasilkan pembakaran yang sempurna pada busi. Saat busi kita buka efek pembakaran yang sempurna akan menghasilkan bekas pembakaran pada busi berwarna seperti merah bata. Btw, warna pada busi bukan acuan utama karena beberpa faktor bisa juga mempengaruhi warna pada busi misal kualitas bahan bakar, kondisi mesin, oli dan lain-lain. Yang paling sederhana untuk mengetahui kondisi karburator dalam keadaan baik atau tidak bisa kita rasakan saat mengendarai kendaraan, tarikan gas enak atau tidak, brebed atau tidak.. ituh..






Tag : STM
0 Komentar untuk "Fungsi Pilot Jet Dan Main Jet Pada Karburator"

Back To Top