Indahnya berbagi

Cara Agar Windows 10 Ngebut

Windows 10 merupakan generasi paling anyar OS yang dikeluarkan oleh Microsoft. Seperti biasanya  ada produk baru, microsoft akan mengeluarkan kebijakan tidak akan support versi lama. Dan hal ini terjadi sebentar lagi Windows 7 akan tidak disupport sama Microsoft. Oleh karena itu sebaiknya segera beralih atau upgrade ke Windows 10. Atau kalau mau OS gratisan coba lirik OS Linux semisal Ubuntu, Suse dan lain-lain.

Windows 10 memiliki fitur dan tampilan yang sangat berbeda dengan OS Microsoft sebelumnya. Efeknya Windows 10 cukup memakan resource hadware pada PC atau Laptop. Laptop core i3 dengan ram 4 GB hanya di install aplikasi standard, Windows 10 dan Office 365 dengan settingan default, terasa berat atau lambat. Apalagi kalau di install antivirus tambahan dan automatic update running, tambah parah.

Beberapa Cara Membuat Windows 10 Ngebut atau Cepat


Beberapa tips dibawah ini bisa dicoba untuk mempercepat (Tweak) laptop atau PC yang di install Windows 10.

Edit Registry 

Jika utak-atik atau edit Registry, disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Tujuannya jika ada human error, registry bisa di restore kembali

  1. Buka registry, ketik regedit di start menu atau cortana, klik Regedit
  2. Setelah terbuka arahkan ke: HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\Power
  3. Cari key HiberbootEnabled kemudian double click
  4. Muncul jendela Edit DWORD (32-bit) Value, edit angka pada kolom value dengan ketentuan berikut : 1 untuk mengaktikan fast start up dan 0 untuk disable fast start up
 Untuk mengaktifkan fitur ini bisa juga lewat Control Panel:
  1. Buka control panel, System Security > Power Option
  2. Pilih Choose what the power button does > Change settings that are currently unavailable > Turn on fast startup (recommended)

Atur Aplikasi Yang Running Saat Windows Start up

Disable aplikasi-aplikasi yang kurang penting atau kurang dibutuhkan yang jalan saat startup, karena bisa membuat loading windows 10 lambat. Caranya:
  • Jalankan Task Manager, bisa dengan cara Press Ctrl-Shift-Esc
  • click "More details" jika tidak muncul semua
  • Click Startup tab, terlihat list aplikasi-aplikasi yang jalan saat start up, pilih disable untuk tidak mengaktifkannya

Atur Performance Options 

  1. Di kolom search Windows 10 ketik : sysdm.cpl terus Enter
  2. Akan muncul jendela System Properties > Advanced tab  > click "Settings"
  3. Di jendela Performance Options pilih Adjust for best performance
Efeknya tampilan Windows 10 rada kurang eye catching, tapi efeknya lumayan terasa saat click-click Windows 10. Bisa juga pilih option Custom untuk mengatur fitur apa saja yang di disable.

Disable Services Windows Update 

Salah satu services Windows yang banyak memakan resource memory adalah Windows update. Demi keamanan dan update fitur, Microsoft melakukan update secara berkala. Services windows Update sangat penting oleh karena itu secara default services ini aktif otomatis. (Note: Windows 10 anda yang berlicense atau roiginal)

Trik meningkatkan kinerja PC atau Laptop dengan mematikan atau disable services Windows update bisa dilakukan ketika telah mendapatkan update terbaru. Secara manual cek apakah ada update terbaru. Jika belum ada, untuk meringankan beban komputer atau laptop anda bisa mendisable sementara services windows update. Caranya:
  • Di kolom search Windows 10 ketik : Services, klik services
  • Cari Windows Update > Properties > Startup Type > Disable
Selain cara-cara diatas, masih banyak cara lain yang bisa menambah performa komputer menjadi lebih enteng atau cepat.Mudah-mudahan trik diatas sedikit membantu komputer atau laptop sobat yang lemot menjadi sedikit ngebut.















Tag : komputer
0 Komentar untuk "Cara Agar Windows 10 Ngebut"

Back To Top