Indahnya berbagi

PERBEDAAN DASAR SEPEDA MOTOR MATIC, BEBEK DAN SPORT

Secara umum jenis sepeda motor sekarang dibedakan menjadi tiga yaitu sepeda motor matic, sepeda motor bebek dan sepeda motor sport. Sepeda motor bebek dan sepeda sport sudah terlebih dahulu dikenal oleh masyarakat dibandingkan dengan sepeda motor matic. Teknologi matic sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia otomotif sepeda motor, hanya saja sepeda motor matic dipasar Indonesia baru diperkenalkan mulai tahun 1991 oleh Vespa. Dengan produk sepeda motor matic pertama yang dijual di Indonesia yaitu Vesva PK 125 atau dikenal dengan nama Vespa Corsa.

Namun penjualan sepeda motor matic Vesva Corsa tidak booming seperti penjualan sepeda motor-sepeda motor matic sekarang seperti Honda Beat, Yamaha Mio dll yang mendominasi pasar sepeda motor tanah air.

Perbedaan Mendasar Sepeda Motor

Perbedaan Pada Body
Sepeda motor matic memiliki body lebih pendek/kecil dan ringan dibandingkan dengan sepeda motor bebek dan sepeda motor sporty

Perbedaan Transmisi
Ini merupakan perbedaan yang paling mendasar antara sepeda motor matic dengan type sepeda motor yang lain. Transmisi atau perubagan roda gigi sepeda motor matic menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT). Dimana perubahan gear akan selaras atau otomatis dengan kecepatan atau pergerakan tuas gas tanpa harus dirubah secara manual.

Berbeda dengan sepeda motor bebek atau sepeda motor sport, harus menarik tuas kopling dan melakukan perubahan pada tuas "gigi".

Motor sport nyaman untuk dikendarai
Motor si Aki, Gl Max neotech 1997


Perbedaan System Rem
Sepeda motor matic dalam system rem hanya mengandalkan kekuatan rem dari roda/ban saja tidak ada engine break (rem mesin). Kalau sepeda motor bebek dam sepeda motor sporty ketika gigi transmisi dipindah ke kecil akan membantu system rem.

Konsumsi Bahan Bakar
Dalam hal konsumsi bahan bakar, sepeda motor matic lebih boros dibanding dengan sepeda motor jenis bebek, terutama jika dalam track jalan yang menanjak.

Bisa dilihat perbandingan berikut:
  • Motor matic Honda Vario Techno 125 dengan mesin berkapasitas 125 cc untuk 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 52,1 km
  • Motor Bebek Honda Supra X 125 PGM-FI 125 cc  untuk 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 86 km
  • Motor Sport Honda New Mega Pro 150 cc 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 
Demikian beberapa perbedaan dasar jenis sepeda motor yang ada dipasaran. Semoga membantu sobat dalam memilih sepeda motor yang akan dibeli baik secara kredit maupun cash.


Tag : STM
0 Komentar untuk "PERBEDAAN DASAR SEPEDA MOTOR MATIC, BEBEK DAN SPORT"

Back To Top