Indahnya berbagi

CARA MUDAH MENGHILANGKAN NOMER HALAMAN PERTAMA DI COVER

Fitur penomoran halaman atau page number otomatis telah tersedia di aplikasi Ms Word. Dengan mengaktifkan page number di menu insert >> page number maka secara otomatis semua halaman akan memiliki nomor secara berurutan. 

Tapi, penomoran halaman secara otomatis dalam kasus tertentu perlu di modifikasi atau di edit. Misalkan untuk halaman cover atau daftar isi, penomoran dan model huruf nomornya berbeda dengan page atau halaman-halaman berikutnya. Untuk halaman depan atau  cover penomoran dihilangkan atau tidak ada nomor halaman. Untuk halaman daftar isi dan pengantar menggunakan penomoran angka romawi.

Cara Menghilangkan Nomor Halaman Di Cover Halaman

Untuk menghilangkan nomor di page cover jangan di delet karena kalau nomornya di delet maka semua nomor-nomor di halaman atau page berikutnya juga akan hilang. Pergunakan cara berikut ini :
  • Double click nomor halaman di cover agar bisa di edit
  • Tik atau centang option Different First Page yang terdapat di toolbar Ms Word. Jika pilihan
    Different First Page yang ada di menu Design aktif efeknya nomor di page yang di edit akan tidak aktif tapi nomor-nomor di halaman berikutnya masih tetap aktif.
  • Hanya saja urutan nomor berikutnya masih mengikuti nomor cover yang dihilangkan tadi. Jadi perlu di edit agar nomor halaman berikutnya menjadi nomor 1 caranya:
    • Double click nomor halaman yang akan di edir
    • Masuk ke Menu Design >> Page Number >> Format Page Number
    • Di jendela Format Page Number, Tik atau pilih Start at ke nomor 0

cara edit page number

Hasilnya nomor page dihalaman cover hilang atau tidak tampil dan nomor halaman setelah cover akan berubah menjadi nomor 1.

Selamat mencoba...
Tag : komputer
0 Komentar untuk "CARA MUDAH MENGHILANGKAN NOMER HALAMAN PERTAMA DI COVER"

Back To Top