Indahnya berbagi

BATASAN-BATASAN AURAT BAGI PEREMPUAN KETIKA SHOLAT

Dalam agama Islam, aurat wanita atau perempuan batasannya terbagi menjadi dua yaitu aurat perempuan ketika sholat dan aurat perempuan diluar sholat. Meskipun menutup aurat bagi perempuan adalah kewajiban, namun tidak selamanya seorang perempuan harus selalu menutupi auratnya.

Oleh karena itu ada perbedaan kewajiban dan batasan bagi perempuan dalam menutup aurat yaitu saat sedang menjalankan sholat dan ketika diluar sholat.

beda yang nutup aurat dan yang tidak menutup aurat
Tutup Aurat dan Tidak Tutup Aurat


Batasan Aurat Wanita Ketika Sholat

Menurut jumhur ulama batasan aurat perempuan ketika sholat adalah mutlak seluruh tubuh. Kecuali wajah dan kedua telapak tangan luar dan dalam.


Batasan ini berlaku bagi perempuan dalam segala keadaan.
  • Dimana pun sholat dilaksanakan
  • Bagaimana pun kondisi
  • Bersama siapa pun
  • Diruangan tertutup atau terbuka
  • Sholat sendiri atau berjamaah
Menutup aurat ketika sholat tidak mesti selalu menggunakan mukena. Yaitu pakaian khusus yang dipergunakan wanita ketika sholat. Karena yang menjadi syarat sah dalam sholat adalah menutup aurat. Jadi ketika tidak membawa mukena asalkan menggunakan pakaian bersih dan suci serta menutup batasan-batasan aurat untuk sholat, sudah memenuhi syarat sah untuk menjalankan sholat. Jangan karena alasan tidak membawa mukena tidak menjalankan sholat.

Batasan Aurat Wanita Diluar Sholat

Batasan-batasan aurat seorang wanita diluar sholat tidak mutlak seperti halnya ketika sedang sholat. Batasan aurat perempuan diluar sholat tergantung kondisi wanita itu sedang berada dimana, bersama siapa dan dengan siapa.

Tanpa Batasan Aurat, misalnya seorang perempuan boleh tanpa busana ketika sedang mandi di kamar mandi tertutup. Namun kalau tempat mandi massal yang memungkinkan ada perempuan-perempuan lain mandi juga maka haram tanpa penutup aurat.

Seorang wanita bersama suaminya sendiri juga tidak ada batasan aurat.

(Istri-istri kamu) mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun menjadi pakaian bagi mereka (QS.al-Baqarah :187"

Sumber : Seri Fikih Kehidupan Bab Sholat, Ahmad Sarwat lc MA
Tag : Agama
0 Komentar untuk "BATASAN-BATASAN AURAT BAGI PEREMPUAN KETIKA SHOLAT"

Back To Top