Skip to main content

Kenali Gejala Awal Difteri

Belakangan ini dibeberapa wilayah di tanah air tercatat kasus penyakit Difteri. Beberapa diantaranya masuk kedalam kategori kejadian luar biasa wabah difteri. Wabah atau penyakit difteri ini disebabkan oleh infeksi kuman Corynebacterium diphtheriae. Penderita yang terserang penyakit difteri bisa menularkan penyakitnya ke orang lain karena kuman Corynebacterium diphtheriae sangat mudah untuk ditularkan. Penyakit difteri berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian yang disebabkan oleh obstruksi larings atau miokarditis akibat aktivasi eksotoksin.

Difteri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan demam disertai adanya pseudomembran (selaput tipis) putih keabu-abuan pada tenggorokan (laring, faring,  tonsil) yang tak mudah lepas dan mudah berdarah. Salah satu komplikasi penyakit  difteri adalah bila toksin masuk ke peredaran darah dan ke otot jantung sehingga menyebabkan kelumpuhan otot jantung bahkan kematian. Toksin ini hanya bisa dihentikan dengan pemberian Anti Difteri Serum pada penderita.

Gejala Awal Difteri

Penderita yang terkena infeksi kuman Corynebacterium diphtheriae bisa saja tidak menunjukan gejala spesifik, mirip dengan sakit pernafasan biasa misalnya demam tapi suhu tubuh tidak terlalu tinggi. Beberapa penderita difteri bisa juga mengalami gejala awal seperti:
  • Nafsu makan berkurang
  • Badan lesu
  • Terasa nyeri jika menelan
  • Tenggorokan juga terasa sakit
  • Sekret hidung berwarna kuning kehijauan, beberapa kasus disertai darah
  • Sulit bernafas
  • Pada anak usia kurang 15 tahun nyeri tenggorokan disertai bunyi seperti mengorok (stridor)
Tapi, penderita infeksi difteri memiliki ciri khusus berupa selaput putih keabu-abuan di tenggorokan atau hidung yang dilanjutkan dengan pembengkakan pada leher 

selaput abu-abu difteri


Difteri memiliki masa inkubasi 2 hari hingga 5 hari bisa menular selama 2 minggu hingga 4 minggu. Segera bawa dan periksa ke dokter atau rumah sakit terdekat jika terkena difteri untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat. Penderita Difteri akan diberi pengobatan  ADS (Anti difteri serum) dan antibiotik. 

Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, olahraga yang cukup dan kualitas tidur yang baik agar tubuh tetap fit cara murah dan efektif untuk mencegah terserang penyakit. Imunisasi DPT juga salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan difteri yang diprogramkan oleh pemerintah.





Related Post

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer