Skip to main content

Petra Jordan (Yordania) Salah Satu Keajaiban Dunia

Petra adalah keajaiban dunia, tempat indah dimana jutaan tourist setiap tahun berkunjung kesana. Petra merupakan sebuah situs arkeologikal dengan keindahan yang tidak akan dijumpai ditempat manapun dibelahan dunia ini, terletak di Ma'an, Yordania. Nama Petra sendiri berasal dari Yunani yang berarti batu. Semua arsitektur bangunan dan pengairan yang terkenal di Petra semua dibuat dari batu. Tidak salah kalau Petra ini merupakan salah satu keajaiban dunia sepanjang peradaban manusia dan alam.

Petra pertama kali dibangun sekitar abad ke -6 SM, oleh orang-orang Arab Nabatea, sebuah suku nomaden yang menetap di daerah tersebut dengan area wilayah hingga ke Syria.

Al Khazneh (wikipedia.org)
Geografis Petra merupakan pegunungan batu yang berwarna merah. Petra sendiri dikelilingi oleh gunung-gunung batu yang tinggi. Petra merupakan harta karun negara Yordania yang mampu menarik jutaaan  wisatawan dari manca negara. Petra Ini adalah kota jaman dulu yang unik dengan wilayah yang cukup luas. Keunikan kota ini karena dibangun dari ukiran batu-batu sepanjang pegunungan. Petra dibangun oleh orang-orang Nabataeans, Suku Arab yang dikenal rajin yang sudah mendiami daerah ini lebih dari 2000 tahun yang lalu. Orang-orang Nabataeans mengubah kotanya menjadi persimpangan penting untuk jalur perdagangan kala itu yaitu jalur sutra dan jalur perdagangan rempah-rempah. Kota Petra dijadikan rute perjalanan oleh saudagar-saudagar dari China, India dan Arab selatan dengan Mesir, Suriah, Yunani dan Roma dalam transaksi perdagangan.

Tempat Teater
Karena luasnya Petra dibutuhkan waktu kurang lebih 5 hari jika ingin menelusuri semua keajaiban-keajaiban peradaban yang terdapat di Petra. Untuk memasuki kota melewati sebuah ngarai sempit yang disebut dengan Siq, sepanjang 1 Km. Sisi-Sisi Siq adalah tebing-tebing batu setinggi 80 Meter. Saat melewati Siq dengan berjalan wisatawan disuguhkan pemadangan yang mempesona dari bebatuan yang ada di Petra. Setelah melewati Siq terlihat bangunan Al-Khazneh (Departemen Keuangan) nan megah yang terbuat dari ukiran batu. Sebuah fa├žade besar, lebar 30m dan tinggi 43m, diukir dari bebatuan yang berwarna merah muda sedikit gelap. Jika berada di depan Al-Khazneh object lain akan terlihat kerdil. Konon ini dibangun pada awal abad ke-1.

Saat memasuki lembah Petra akan ditakjubkan dengan keindahan alam tempat ini dan teknologi arsitektur yang luar biasa. terdapat ratusan makam batu yang terukir rumit dibebatuan.

Teater dari ukiran batu bergaya Romawi, yang bisa menampung 3.000 orang. Ada Obelisk, Candi, altar-altar pengorbanan dan jalan-jalan yang bertiang-tiang, dan tinggi di atas, menghadap Lembah. Di dalam situs ada juga dua museum yang sangat bagus; Museum Arkeologi Petra, dan Museum Nabatea Petra yang keduanya merupakan temuan dari penggalian di wilayah Petra

Di dalam situs tersebut, beberapa perajin dari kota Wadi Musa dan pemukiman orang-orang Badui di dekatnya telah mendirikan kios-kios kecil yang menjual barang-barang kerajinan lokal, seperti tembikar dan perhiasan Badui, dan botol pasir multi warna

Untuk memasuki lokasi tidak diizinkan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tapi jika tidak ingin berjalan bisa menyewa unta atau kereta kuda untuk membawa Anda melalui Siq.  Dilokasi terdapat penyewaan keledai, atau unta yang dilengkapi pemandu untuk membantu berpetualang berkeliling lokasi Petra.

Jika berkunjung ke Petra, pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman saat berjalan dan topi untuk melindungi dari sinar matahari dan selalu membawa banyak air minum.

Waktu terbaik untuk melihat Petra, terutama jika berencana untuk mengambil foto, adalah pagi sampai tengah hari atau sore hardan meningkatkan warna alami batu yang menakjubkan yang terkena paparan sinar matahari.





Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…