Skip to main content

Nama-Nama Atlet Lari Putri Indonesia Yang Berprestasi Di Kejuaraan Dunia

Dulu, para pahlawan berjuang dengan harta dan nyawa untuk memeprtahankan kemerdekaan Republik Indoensia. Kemerdekaan yang telah mereka rebut dan pertahankan dengan darah dan air mata adalah untuk generasi bangsa berikutnya. Tinggal kini kita sebagai anak cucu bangsa berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang postif sesuai dengan cita-cita para pahlawan. Mengisi kemerdekaan bisa dengan berbagai cara misalnya dengan mengharumkan nama bangsa dalam bidang olahraga. Kita adalah bangsa yang besar dengan jumlah  penduduk Indonesia terbesar ke-4 di dunia. Semestinya banyak bermunculan atlet-atlet yang berprestasi diberbagai cabang olahraga.

Dalam cabang olahraga atletik, Indonesai memiliki beberapa atlet yang mengharumkan nama Indonesia dalam event olahraga dunia.

Atlet Lari Putri Indonesia Peraih Medali Diajang Lomba Dunia

Triyaningsih

Atlet lari perempuan Indonesia yang mendapatkan medali emas di SEA GAMES 2015. Triyaningsih mendapatkan medali dalam lomba lari 5000 Meter. Dalam SEA GAMES 2017 di Malaysia, Triyaningsih kembali menyumbangkan medali emas untuk kontingen Indonesia dalam kejuaraan lomba lari 10.000 meter. Triya berhasil mencapai finish dengan waktu 36 menit 39,3 detik. Hingga tahun 2017 Triyaningsih sudah memperoleh medali emas 11 kali sepanjang karirnya.

Dedeh Erawati

Mojang Sumedang, Jawa Barat kelahiran 25 Maret 1979, atlet wanita dengan segudang prestasi. Pemilik rekor nasional lari gawang 100 Meter dengan waktu 12,18 detik mulai berprestasi sejak tahun 2007 yaitu saat SEA GAMES Bangkok. Dedeh, menyumbangkan medali emas untuk bangsa Indonesia. Begitu pun saat event SEA GAMES berikutnya di Vietnam (2009) dan Myanmar (2013), medali emas berhasil diboyong ke tanah air. Total 3 medali emas SEA GAMES diboyong oleh Dedeh ke tanah air. Tiga medali perak diraih saat SEA GAMES Manila (2005), Palembang (2011) dan Singapura (2015).

Dedeh Erawati diusianya yang tidak lagi muda pun berhasil menorehkan prestasi diajang lomba dunia yaitu kejuaraan dunia atletik senior yang berlangsung di Australia (2016). Dedeh menjadi pelari tercepat dalam lomba lari 100 Meter gawang putri dan lomba lari 100 Meter putri.

Irene Joseph

Nona Maluku kelahiran tanggal 14 Oktober 1981, yang bernama lengkap Irene Truitje Yoseph adalah pemilik rekor nasional untuk lari jarak pendek dengan menorehkan waktu 12.04 detik. Mengharumkan nama bangsa diajang SEA GAMES Brunnei Darussalam.(1999) dengan menyumbangkan medali emas dalam lomba lari bergengsi 100 Meter putri.Selain medali emas. Irene juga menyumbangkan medali perunggu dalam SEA GAMES Bangkok (2007).

Penerus-penerus Kartini diatas telah mengharumkan nama bangsa dalam bidang olahraga. Semoga kedepan bermunculan Tryningsih, Dedeh dan Irene junior yang ikut menorehkan prestasi diajang olehraga dunia.
Semoga...

Related Post

Comments

Artikel Baru

Kumpulan Lengkap Kakawihan Anak-anak Bahasa Sunda

Buat sobat dhira yang lagi cari PR bahasa sunda tentang kakawihan anak-anak atau kakawihan barudak dalam bahasa sunda bisa cari disini. Dibawah ini beberapa kumpulan kakawihan anak-anak bahasa sunda yang terkenal atau sering dinyanyikan ditatar sunda. Tapi itu dulu, lamun ayeuna mah sudah tergantikan oleh lagu coboy junior dan lain-lain. Tapi sebagai urang sunda mestinya kita bisa mengajarkan kakawihan ini untuk anak-anak sambil nostalgia waktu masih kecil. Kakawihan anak-anak atau barudak berikut ini diperoleh dari berbagai sumber.

Baca : Cara Kredit Motor Syariah

Kakawihan anak bahasa sunda ayang-ayang gung


Ayang-ayang gung
Gung goongna rame
menka Ki Wastanu
Nu jadi wadana
Naha maneh kitu
Tukang olo-olo
Loba anu giruk
Ruket jeung kompeni
Niat jadi pangkat
Katon kagorengan
Ngantos kanjeng dalem
Lempa lempi lempong
Ngadu pipi jeung nu ompong
Jalan ka Batawi ngemplong

Baca : Ternyata Dijumpai Green Canyon di Karawang

Kakawihan anak bahasa sunda oray-orayan

Oray-orayan, luar léor mapay sawa…

SINONIM-SINONIM BAHASA SUNDA

Sinonim atau persamaan kata tidak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja, bahasa daerah seperti bahasa Sunda pun memilikinya. Sinonim bahasa Sunda yaitu

"Sinonim nyaéta kecap anu béda tapi mibanda harti anu jiga atawa sarua"
Berikut beberapa kata Sinonim dalam Bahasa Sunda
Sinonim bahasa Sunda Silih ajenan = Silih hargaan
Sinonim bahasa Sunda Supaya = Sangkan
Sinonim bahasa Sunda Wejangan =  Papatah
Sinonim bahasa Sunda Dahar = Neda
Sinonim bahasa Sunda Asli = pituin
Sinonim bahasa Sunda Awewe = wanoja
Sinonim bahasa Sunda Beunghar = jegud
Sinonim bahasa Sunda Bodo = belet
Sinonim bahasa Sunda Balik = mulang
Sinonim bahasa Sunda Kandel = Kedewil
Sinonim bahasa Sunda Alus = Sae
Sinonim bahasa Sunda Asri = Endah
Sinonim bahasa Sunda Ayeuna = Kiwari
Sinonim bahasa Sunda Badarat = Leumpang
Sinonim bahasa Sunda Baheula = Bareto
Sinonim bahasa Sunda Banga = Hese
Sinonim bahasa Sunda Beurat = Abot
Sinonim bahasa Sunda Bikang =  Awewe
Sinonim bahasa Sunda Gampang =  Babari
Sinonim bahasa Sunda Gancang …

CONTOH-CONTOH PUPUH ASMARANDANA BAHASA SUNDA

Berikut ini beberapa contoh-contoh Pupuh Asmarandana dalam bahasa Sunda. Pupuh Asmarandana kebanyakan berisi tentang petuah atau piwuruk dalam bahasa Sunda. Salah satu jenis puisi dalam bahasa Sunda yaitu Pupuh. Seperti yang diketahui pupuh dikelompokan kedalam dua kelompok  yaitu kelompok Sekar Alit dan Kelompok Sekar Ageung. Pupuh Asmaranda masuk kedalam kelompok pupuh Sekar Ageung
Aturan yang dipergunakan dalam membuat pupuh disebut dengan Guru lagu dan Guru Wilangan. Pupuh Asmarandana menggunakan rumus  Guru Wilangan dan Guru Lagu : 8-i, 8-a, 8-é/o, 8-a, 7-a, 8-u, 8-a  Padalisan: 7
Contoh Pupuh Asmaranda  Ngariung di tengah bumi,
pun biang sareng pun bapa,
jisim abdi diuk mando,
husu ngupingkeun pituah,
piwejang ti anjeunna,
pituduh laku rahayu,
piwejang sangkan waluya.

Jalma kudu silihasih
kudu sing miboga rasa
ulah nganyenyeri hate
ka sakum dulur anu aya
mun nyaah ka sasaha
hidep hirupna saluyu
saluyu tur loba harta

Eling-eling mangka eling
Rumingkang di bumi alam
Darma wawayangan…

Kata Sunda Serapan dari Bahasa Asing (Kecap Serapan tina Basa Deungeun)

Dalam kosa kata bahasa Sunda banyak dijumpai kata-kata serapan seperti dalam bahasa Indonesia. Kata atau kecap dalam bahasa Sunda yang berasal dari bahasa Asing sering kita dengar ditengah masyarakat dan sudah jadi bahasa sehari-hari. Kadang kita tidak menyadari bahwa kecap atau kata tersebut bukan kecap asli bahasa Sunda tetapi kecap serepan (kata serapan) dari basa Deungeun (bahasa Asing). Dibawah ini beberapa kecap serepan Basa Deungeun yang sering diucapkan sehari-hari

Contoh Kecap-kecap Sunda Serapan tina Basa DeungeunKulkas = KoelkastKamar (ruangan) = KamerSaklar = SchakelaarKeran  = KraanKubus  = KubusDus  = DoosSoak = ZwakBaut - boutmur  = MoerEtalase = EtalagePantofel = PantoffelBan = BandPabrik = FabriekSetrum = StroomSpaneng = SpanningKarton= KartonKuas = KwastAkte/ Akta  = AkteTelat = Te laatTorenahir - akhirakal - aqalgaib - ghaibbodi - bodyhen - handpinalti= Finaltykomputer- computerspiker - speakerfoto kopi - photo copybodigar - body guardtelevisi - televisionangpawcapcé…

Cara Membuat Pupuh Kinanti Bahasa Sunda

Dalam kesusastraan sunda dikenal bermacam-macam nama pupuh, kurang lebih sekitar 17 nama pupuh. Pupuh adalahbentuk puisi tradisional Jawa yang memiliki jumlah suku kata dan rima tertentu di setiap barisnya (https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuh). 
Nama-nama Pupuh  Dangdanggula,Sinom,Asmarandana,Kinanti,Durma,Pangkur,Mijil,Pucung,Maskumambang,Magatru,Wirangrong,Balakbak,Ladrang,Gambuh,Gurisa,LambangJurudemung Untuk memudahkan menghapal nama-nama pupuh sunda diatas kita singkat saja menjadi DaSi AKi DurPaMiCung MasMaWira BaLaGam GuLaJur.

BaCa: Contoh sajak bahasa Sunda
Pupuh Kinanti Dalam membuat sebuah pupuh harus mengikuti ketentuan-ketentuan tertentu yang sudah baku. Setiap pupuh memiliki ketentuan yang berbeda-beda, Dalam membuat pupuh Kinanti harus memperhatikan ketentuan-ketentuan berikut ini :
Setiap bait terdiri dari 6 barisBaris 1 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “u” atau dengan rumus : 8-uBaris 2 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “i” atau dengan rumus :  8-iBaris 3…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer