Skip to main content

Tempat Tes Audiometri Nada Murni Di Karawang

Telinga manusia terdiri dari tiga bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Untuk dapat mendengar suara secara baik ketiga bagian telinga tadi harus dalam kondisi yang normal. Cara kerja telinga dalam menyalurkan menurut William F.Gannom, gelombang suara dari lingkungan eksternal dirubah oleh telinga menjadi potensi aksi di saraf pendengaran. Gendang telinga dan tulang-tulang pendengaran merubah gelombang menjadi gerakan-gerakan lempeng kaki stapes. Akibat gerakan ini menimbulkan gelombang dalam cairan telinga dalam. Efek gelombang pada organ Corti menimbulkan potensial aksidi serat-serat saraf. Untuk mengetahui tingkat atau kualitas pendengaran dilakukan tes pendengaran dengan metode audiologi. Audiologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai hal fungsi alat pendengaran. Audiometri adalah cara untuk memeriksa jenis dan derajat dari gangguan pendengaran. Sedangkan alatnya disebut Audiometer.

Jenis Kelainan Pendengaran Pada Telinga

  • Tuli Konduktif, disebabkan oleh kelainan telinga luar dan telinga tengah. Tuli Konduktif yang disebabkan kelainan Telinga luar yang mengalami astresia liang telinga, sumbatan oleh serumen, otitis eksterna sirkumsripta, osteoma liang telinga.Kelainan telinga tengah yang menyebabkan tuli konduktif disebabkan tubakar/sumbatan tuba eustachius, dan dislokasi tulang pensdengaaran.
  • Tuli Sensorineural terjadi karena kerusakan koklea atau kerusakan pada sirkuit system saraf pusat dari telinga. Pasien akan mengalamai penurunan atau kehilangan total sistem pendengaran.
  • Tuli Campuran disebabkan karena gangguan telinga bagian luar, tengah dan dalam merupakan kombinasi dari Tuli Konduktif dan Tuli Sensorineural.

Tes Pendengaran Dengan Audiometer

Tes Pendengaran
Jika sobat mengalami gangguan pendengaran sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter THT. Untuk mengetahui derajat dan jenis gangguan pendengaran akan dilakukan tes pendengaran Audiometer nada murni.

Alat pengetesan Audio murni mengeluarkan tone atau nada murni dari frekwensi 125 Hz sampai 8000 Hz. Dengan pengetasan ini bisa diketahui apakah pasien memiliki fungsi telinga yang baik atau tidak secara kualitatif dan kuantitatif. Saat melakukan pengetesan pasien biasanya dilakukan diruangan yang kedap suara.

Hanya saja alat audiometer yang banyak beredar dipasaran masih bersifat konvensional. Sehingga memiliki kelemahan dalam hal penggambaran grafik untuk menampilkan hasil akhir dari penegetesan dan tingkat akurasi yang masih lemah.

Bagi sobat dhira yang ingin tes kualitas pendengarannya, coba tes audiometri nada murni. Kalau di Karawang coba kunjungi Better Hearing Indonesia yang ada di deretan ruko-ruko Galuh Mas depan RSUD Karawang



Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…