Skip to main content

Perhitungan Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Dipostingan nengdhira sebelumnya membahas tentang kredit motor syariah di pegadaian. Produk pembiayaan syariah untuk kredit motor dan mobil di pegadaian dikenal dengan nama Pembiayaan Amanah. Postingan dibuat berdasarkan true story (kayak film aja) saat mengajukan kredit motor ke pegadaian. Ceritanya butuh motor buat mengantar anak ke sekolah tapi belum punya duit cukup untuk beli cash, akhirnya kredit jadi pilihan. Pilihan jatuh pada motor Honda Beat eSP CBS yaitu tipe motor Honda Beat eSP yang memiliki fitur system rem ganda otomatis. Jika satu handle rem di tekan maka kedua rem akan a ktif. Honda Beat eSP sendiri ada tiga jenis Honda Beat eSP CW, Honda Beat eSP CBS dan Honda Beat eSP CW CBS ISS. Untuk detail teknis motor Honda Beat sobat bisa tanya-tanya ke dealer-dealer motor honda di Karawang yang terdekat.

kredit motor honda syariah amanah pegadaian


Setelah keperluan administrasi lengkap dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh pegadaian, akhirnya akad transaksi dilakukan. Berikut detail perhitungan kredit motor syariah Amanah di pegadaian untuk kredit motor 12 bulan.

Simulasi Kredit Motor Syariah Pegadaian Pembiayaan Amanah

1, Harga cash motor Honda Beat eSP CBS dari dealer motor Honda 15.775.000
2. DP (uang muka) motor minimum 10 % dari harga jual misalkan 1.577.500
3. Biaya asuransi 322.950
4. Biaya administrasi 259.259
5. Biaya notaris 300.000


Dari data diatas total biaya awal (DP)  yang harus dibayar ketika transaksi adalah 2+3+4+5= 2.459.709

Cicilan perbulan yang harus dibayar ditentukan dalam Akad Rahn Tasjily Pegadaian Amanah. Dalam akad ini cicilan kredit motor Honda beat eSP CBS harga 15.775.500 dengan cicilan 12 bulan dan biaya awal sebesar 2.459.709 adalah sebesar 1.317.000 per bulannya. Dengan rincian sebagai berikut :

Pasal 1 :
a. Hutang atas pinjaman : 14.100.000
b. Biaya pemeliharaan jaminan kendaraan 12 bulan : 1,694.160 
Total hutang atas pinjaman : 15.794.160

Pasal 4 :
a. Besarnya angsuran bulanan ditetapkan sebesar : 1.317.000 setiap bulan

Untuk pembayaran setiap bulan, pihak pegadaian memberikan Tabel jadwal angsuran untuk Rahin. Di jadwal angsuran untuk Rahin tertera angsuran 1.317.000 sampai angsuran bulan ke 11, angsuran dibulan ke 12 adalah 1.307.160. Kalau kita total maka total angsuran akan sesuai dengan total hutang atas pinjaman.

Akhirnya kalau dihitung total uang yang dibayarkan untuk pembelian motor Honda beat eSP CBS harga 15.775.000 dengan kredit syariah Amanah Pegadaian selama 12 bulan adalah:

a. Biaya awal 2.459.709
b. Total hutang atas pinjaman 15.794.160

Tota uang yang dibayarkan adalahl : 2.459.709 + 15.794.160 = 18.253.869

Demikian perhitungan-perhitungan kredit motor syariah Amanah dari pegadaian. Bagi sobat yang berencana kredit motor mudah-mudahan postingan ini bisa jadi bahan perbandingan dalam memilih leasing yang tepat. Jangan tergiur DP atau uang muka yang ringan tapi kalau dihitung total uang yang harus dibayarkan jatuhnya lebih mahal.

Baca : Tabel Kredit Motor

Related Post

Comments

  1. Klo kredit motor bisa ga jangka waktu nya 36 bln

    ReplyDelete
  2. mohon maaf saya tidak tahu bisa atau tidaK, bisa ditanyakan langsung ke cabang pegadaian terdekat,

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kumpulan Lengkap Kakawihan Anak-anak Bahasa Sunda

Buat sobat dhira yang lagi cari PR bahasa sunda tentang kakawihan anak-anak atau kakawihan barudak dalam bahasa sunda bisa cari disini. Dibawah ini beberapa kumpulan kakawihan anak-anak bahasa sunda yang terkenal atau sering dinyanyikan ditatar sunda. Tapi itu dulu, lamun ayeuna mah sudah tergantikan oleh lagu coboy junior dan lain-lain. Tapi sebagai urang sunda mestinya kita bisa mengajarkan kakawihan ini untuk anak-anak sambil nostalgia waktu masih kecil. Kakawihan anak-anak atau barudak berikut ini diperoleh dari berbagai sumber.

Baca : Cara Kredit Motor Syariah

Kakawihan anak bahasa sunda ayang-ayang gung


Ayang-ayang gung
Gung goongna rame
menka Ki Wastanu
Nu jadi wadana
Naha maneh kitu
Tukang olo-olo
Loba anu giruk
Ruket jeung kompeni
Niat jadi pangkat
Katon kagorengan
Ngantos kanjeng dalem
Lempa lempi lempong
Ngadu pipi jeung nu ompong
Jalan ka Batawi ngemplong

Baca : Ternyata Dijumpai Green Canyon di Karawang

Kakawihan anak bahasa sunda oray-orayan

Oray-orayan, luar léor mapay sawa…

CONTOH-CONTOH PUPUH ASMARANDANA BAHASA SUNDA

Berikut ini beberapa contoh-contoh Pupuh Asmarandana dalam bahasa Sunda. Pupuh Asmarandana kebanyakan berisi tentang petuah atau piwuruk dalam bahasa Sunda. Salah satu jenis puisi dalam bahasa Sunda yaitu Pupuh. Seperti yang diketahui pupuh dikelompokan kedalam dua kelompok  yaitu kelompok Sekar Alit dan Kelompok Sekar Ageung. Pupuh Asmaranda masuk kedalam kelompok pupuh Sekar Ageung
Aturan yang dipergunakan dalam membuat pupuh disebut dengan Guru lagu dan Guru Wilangan. Pupuh Asmarandana menggunakan rumus  Guru Wilangan dan Guru Lagu : 8-i, 8-a, 8-é/o, 8-a, 7-a, 8-u, 8-a  Padalisan: 7
Contoh Pupuh Asmaranda  Ngariung di tengah bumi,
pun biang sareng pun bapa,
jisim abdi diuk mando,
husu ngupingkeun pituah,
piwejang ti anjeunna,
pituduh laku rahayu,
piwejang sangkan waluya.

Jalma kudu silihasih
kudu sing miboga rasa
ulah nganyenyeri hate
ka sakum dulur anu aya
mun nyaah ka sasaha
hidep hirupna saluyu
saluyu tur loba harta

Eling-eling mangka eling
Rumingkang di bumi alam
Darma wawayangan…

Cara Membuat Pupuh Kinanti Bahasa Sunda

Dalam kesusastraan sunda dikenal bermacam-macam nama pupuh, kurang lebih sekitar 17 nama pupuh. Pupuh adalahbentuk puisi tradisional Jawa yang memiliki jumlah suku kata dan rima tertentu di setiap barisnya (https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuh). 
Nama-nama Pupuh  Dangdanggula,Sinom,Asmarandana,Kinanti,Durma,Pangkur,Mijil,Pucung,Maskumambang,Magatru,Wirangrong,Balakbak,Ladrang,Gambuh,Gurisa,LambangJurudemung Untuk memudahkan menghapal nama-nama pupuh sunda diatas kita singkat saja menjadi DaSi AKi DurPaMiCung MasMaWira BaLaGam GuLaJur.

BaCa: Contoh sajak bahasa Sunda
Pupuh Kinanti Dalam membuat sebuah pupuh harus mengikuti ketentuan-ketentuan tertentu yang sudah baku. Setiap pupuh memiliki ketentuan yang berbeda-beda, Dalam membuat pupuh Kinanti harus memperhatikan ketentuan-ketentuan berikut ini :
Setiap bait terdiri dari 6 barisBaris 1 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “u” atau dengan rumus : 8-uBaris 2 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “i” atau dengan rumus :  8-iBaris 3…

Pupuh Kinanti Kembang Ros

Dalam membuat sebuah pupuh telah ditentukan aturannya secara baku. Dengan aturan yang baku ini kita bisa membuat Pupuh Kinanti buatan sendiri. Tema pupuh kinanti yang akan dibuat bebas yang penting tidak melanggar patokan. Tema pupuh kinanti tentang hewan, kembang, budi pekerti buah-buahan dan sebagainya. Berikut ini contoh Pupuh Kinanti yang bertema tentang kembang-kembangan (bunga) yaitu menceritakan tentang Kembang Ros.

Pupuh Kinanti Judul Kembang Ros
Kembang ros kumatak lucu
Nya alus rupana seungit

Henteu aya papadana
Ratuning kembang sajati

Mustikaning patamanan
Seungit manis ngadalingding


Rumus pupuh diatas
Baris 1 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “u” atau dengan rumus : 8-uBaris 2 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “i” atau dengan rumus :  8-iBaris 3 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “a” atau dengan rumus : 8-aBaris 4 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “i” atau dengan rumus :  8-iBaris 5 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “a” atau dengan rumus : 8…

Kata Sunda Serapan dari Bahasa Asing (Kecap Serapan tina Basa Deungeun)

Dalam kosa kata bahasa Sunda banyak dijumpai kata-kata serapan seperti dalam bahasa Indonesia. Kata atau kecap dalam bahasa Sunda yang berasal dari bahasa Asing sering kita dengar ditengah masyarakat dan sudah jadi bahasa sehari-hari. Kadang kita tidak menyadari bahwa kecap atau kata tersebut bukan kecap asli bahasa Sunda tetapi kecap serepan (kata serapan) dari basa Deungeun (bahasa Asing). Dibawah ini beberapa kecap serepan Basa Deungeun yang sering diucapkan sehari-hari

Contoh Kecap-kecap Sunda Serapan tina Basa DeungeunKulkas = KoelkastKamar (ruangan) = KamerSaklar = SchakelaarKeran  = KraanKubus  = KubusDus  = DoosSoak = ZwakBaut - boutmur  = MoerEtalase = EtalagePantofel = PantoffelBan = BandPabrik = FabriekSetrum = StroomSpaneng = SpanningKarton= KartonKuas = KwastAkte/ Akta  = AkteTelat = Te laatTorenahir - akhirakal - aqalgaib - ghaibbodi - bodyhen - handpinalti= Finaltykomputer- computerspiker - speakerfoto kopi - photo copybodigar - body guardtelevisi - televisionangpawcapcé…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer