Skip to main content

Jenis-Jenis Alat Pernapasan Hewan

Tidak semua hewan bernapas seperti manusia yaitu dengan paru-paru. Beberapa jenis hewan ada yang bernapas dengan insang, bahkan ada hewan yang mempunyai alat pernapasan khusus yang berbeda dengan hewan lainnya. Berkut ini beberapa jenis hewan yang memeiliki alat pernapasan yang berbeda.

Hewan Menyusui

Yang termasuk kelompok hewan yang menyusui seperti : monyet, orang utan, kambing, gajah, kucing, anjing, ikan paus, lumba-lumba dan lain-lain. Hewan yang menyusui bernapas dengan paru-paru. Pernapasan jenis hewan-hewan yang menyusui mulai dari hidung, rongga hidung, tenggorokan, bronkus lalu ke paru-paru.

Burung

Proses pernapasan pada seekor burung ketika sedang terbang dan saat tidak terbang berbeda. Hal ini dikarenakan burung mempunyai kantong udara. Alat pernapasan burung dimulai dari hidung, tenggrokan, bronkus, paru-paru dan kantong udara. Kantong udara berfungsi sebagai alat bantu pernafasan saat burung terbang. Kantong udara adalah perluasan dari paru-paru, letaknya dibagian dada, perut, leher dan sayap. Ketika burung tidak terbang proses masuk dan keluarnya udara ke paru-paru dilakukan oleh pergerakan tulang dada. Saat terbang pergerakan tulang dada diperlukan untuk kebutuhan terbang sehingga pernapasan dilakukan oleh kantong udara.

Serangga

Kelompok jewan jenis serangga bernafas dengan sistem Trakea. Hewan seperti nyamuk, jangkrik, belalang, lalat, kupu-kupu, rayap dan lain-lain memeiliki sistem pernapasan yang terdiri dari spirakel, tabung trakea dan trakeol. Tempat udara masuk dan keluar dalam serangga terjadi pada lubang-lubang kecil yang terdapat pada tubuhnya yang disebut dengan nama Sprikel. Tabung Trakea berfungsi sebagai saluran udara bentuknya mirip tangga. Proses pernapasan pada serangga dimulai dari Sprikel, mengalir ke Trakea lalu ke Trakeol baru kemudian diserap oleh sel-sel tubuh.

nyamuk bernapas dengan trakeol
Nyamuk


Cacing

Mengapa cacing suka hidup ditempat yang lembab dan basah? Karena cacing menggunakan kulit untuk bernafas. Kulit cacing yang lembab dan basah memudahkan cacing untuk melakukan proses bernapas atau melakukan pertukaran udara.

Ikan

Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Bentuk insang seprti sisir yang berderat, berwarna merah, terletak dibagian kepala ikan. Udara yang terkandung di dalam air masuk lewat mulut, kemudian oleh insang udara diolah, oksigen diserap dan karbondiokasida dikeluarkan.

Katak 

Katak bernapas dengan paru-paru. Namun saat katak dalam tempat berair dimana kulit katak basah, kulit katak bisa juga berperan sebagai tempat pertukaran gas pernapasan. Paru-paru katak berupa dua kantong tipis dihubungkan ke rongga mulut oleh sebuah lubang yang disebut glotis.

Reptil

Reptil adalah hewan yang juga bernapas dengan paru-paru. Tetapi berbeda dengan hewan amfibi yang juga bisa bernapas dengan kulit, reptil tidak bisa bernapas dengan kulit. Karena kulit reptil bersisik dan kering yang tentu saja tidak bisa dipergunakan untuk pertukaran gas pernapasan layaknya hewan amfibi. Namun parau-paru hewan reptil lebih besar dari paru-paru hewan amfibi.

Demikian mengenal hewan-hewan disekitar kita yang menggunakan alat pernapasan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat...


Related Post

Comments

Artikel Baru

SINONIM-SINONIM BAHASA SUNDA

Sinonim atau persamaan kata tidak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja, bahasa daerah seperti bahasa Sunda pun memilikinya. Sinonim bahasa Sunda yaitu

"Sinonim nyaéta kecap anu béda tapi mibanda harti anu jiga atawa sarua"
Berikut beberapa kata Sinonim dalam Bahasa Sunda
Sinonim bahasa Sunda Silih ajenan = Silih hargaan
Sinonim bahasa Sunda Supaya = Sangkan
Sinonim bahasa Sunda Wejangan =  Papatah
Sinonim bahasa Sunda Dahar = Neda
Sinonim bahasa Sunda Asli = pituin
Sinonim bahasa Sunda Awewe = wanoja
Sinonim bahasa Sunda Beunghar = jegud
Sinonim bahasa Sunda Bodo = belet
Sinonim bahasa Sunda Balik = mulang
Sinonim bahasa Sunda Kandel = Kedewil
Sinonim bahasa Sunda Alus = Sae
Sinonim bahasa Sunda Asri = Endah
Sinonim bahasa Sunda Ayeuna = Kiwari
Sinonim bahasa Sunda Badarat = Leumpang
Sinonim bahasa Sunda Baheula = Bareto
Sinonim bahasa Sunda Banga = Hese
Sinonim bahasa Sunda Beurat = Abot
Sinonim bahasa Sunda Bikang =  Awewe
Sinonim bahasa Sunda Gampang =  Babari
Sinonim bahasa Sunda Gancang …

Kumpulan Lengkap Kakawihan Anak-anak Bahasa Sunda

Buat sobat dhira yang lagi cari PR bahasa sunda tentang kakawihan anak-anak atau kakawihan barudak dalam bahasa sunda bisa cari disini. Dibawah ini beberapa kumpulan kakawihan anak-anak bahasa sunda yang terkenal atau sering dinyanyikan ditatar sunda. Tapi itu dulu, lamun ayeuna mah sudah tergantikan oleh lagu coboy junior dan lain-lain. Tapi sebagai urang sunda mestinya kita bisa mengajarkan kakawihan ini untuk anak-anak sambil nostalgia waktu masih kecil. Kakawihan anak-anak atau barudak berikut ini diperoleh dari berbagai sumber.

Baca : Cara Kredit Motor Syariah

Kakawihan anak bahasa sunda ayang-ayang gung


Ayang-ayang gung
Gung goongna rame
menka Ki Wastanu
Nu jadi wadana
Naha maneh kitu
Tukang olo-olo
Loba anu giruk
Ruket jeung kompeni
Niat jadi pangkat
Katon kagorengan
Ngantos kanjeng dalem
Lempa lempi lempong
Ngadu pipi jeung nu ompong
Jalan ka Batawi ngemplong

Baca : Ternyata Dijumpai Green Canyon di Karawang

Kakawihan anak bahasa sunda oray-orayan

Oray-orayan, luar léor mapay sawa…

CONTOH-CONTOH PUPUH ASMARANDANA BAHASA SUNDA

Berikut ini beberapa contoh-contoh Pupuh Asmarandana dalam bahasa Sunda. Pupuh Asmarandana kebanyakan berisi tentang petuah atau piwuruk dalam bahasa Sunda. Salah satu jenis puisi dalam bahasa Sunda yaitu Pupuh. Seperti yang diketahui pupuh dikelompokan kedalam dua kelompok  yaitu kelompok Sekar Alit dan Kelompok Sekar Ageung. Pupuh Asmaranda masuk kedalam kelompok pupuh Sekar Ageung
Aturan yang dipergunakan dalam membuat pupuh disebut dengan Guru lagu dan Guru Wilangan. Pupuh Asmarandana menggunakan rumus  Guru Wilangan dan Guru Lagu : 8-i, 8-a, 8-é/o, 8-a, 7-a, 8-u, 8-a  Padalisan: 7
Contoh Pupuh Asmaranda  Ngariung di tengah bumi,
pun biang sareng pun bapa,
jisim abdi diuk mando,
husu ngupingkeun pituah,
piwejang ti anjeunna,
pituduh laku rahayu,
piwejang sangkan waluya.

Jalma kudu silihasih
kudu sing miboga rasa
ulah nganyenyeri hate
ka sakum dulur anu aya
mun nyaah ka sasaha
hidep hirupna saluyu
saluyu tur loba harta

Eling-eling mangka eling
Rumingkang di bumi alam
Darma wawayangan…

Kata Sunda Serapan dari Bahasa Asing (Kecap Serapan tina Basa Deungeun)

Dalam kosa kata bahasa Sunda banyak dijumpai kata-kata serapan seperti dalam bahasa Indonesia. Kata atau kecap dalam bahasa Sunda yang berasal dari bahasa Asing sering kita dengar ditengah masyarakat dan sudah jadi bahasa sehari-hari. Kadang kita tidak menyadari bahwa kecap atau kata tersebut bukan kecap asli bahasa Sunda tetapi kecap serepan (kata serapan) dari basa Deungeun (bahasa Asing). Dibawah ini beberapa kecap serepan Basa Deungeun yang sering diucapkan sehari-hari

Contoh Kecap-kecap Sunda Serapan tina Basa DeungeunKulkas = KoelkastKamar (ruangan) = KamerSaklar = SchakelaarKeran  = KraanKubus  = KubusDus  = DoosSoak = ZwakBaut - boutmur  = MoerEtalase = EtalagePantofel = PantoffelBan = BandPabrik = FabriekSetrum = StroomSpaneng = SpanningKarton= KartonKuas = KwastAkte/ Akta  = AkteTelat = Te laatTorenahir - akhirakal - aqalgaib - ghaibbodi - bodyhen - handpinalti= Finaltykomputer- computerspiker - speakerfoto kopi - photo copybodigar - body guardtelevisi - televisionangpawcapcé…

Kumpulan Nama-nama Keperluan Sekolah Dalam Bahasa Sunda

Nama-nama peralatan sekolah dalam bahasa sunda terkadang dijumpai mirip dengan bahasa Indonesia. Bahkan ada juga yang mirip dengan bahasa daerah suku tertentu di tanah air. Jadi sebenarnya meskipun seseorang bukan berasal dari suku sunda bisa paham apa yang dimaksud karena kemiripan bahasa tadi.


Nama-nama Keperluan sekolah Dalam Bahasa Sunda


Tas = Kantong
Topi = Topi
Sepatu = Sapatu
Tali Sepatu = Tali Sapatu
Baju Seragam = Acuk Saragam
Celana = Calana
Pulpen = Pulpen
Pensil = Patlot
Buku = Buku
Penghapus = Panghapus

Penggaris = Jidar
Serutan Pensil = Panyerut Patlot
Sabuk = Beber
Kaos Kaki = Kaos Kaki

Semoga membantu,..


Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer