Skip to main content

Ringkasan Sejarah Kerajaan Hindu Indonesia

Tercatat dalam sejarah di bumi Nusantara pernah berdiri kerajaan-kerajaan Hindu baik yang besar atau kecil. Terbukti dengan ditdiemukannya prasasti-prasasti peninggalan kerajaan Hindu. Mengapa kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia banyak meninggalkan prasasti-prasasti diberbagai daerah? jawabannya karena prasasti-prasasti itu adalah tempat beribadah atau pemujaan-pemujaan kepada dewa bagi pemeluk agama Hindu sehingga setiap bekas kerajaan Hindu dijumpai prasasti-prasasti.

Prasasti (pic:wikipedia)

7 Kerajaan-kerajaan Hindu di Tanah Air

  1. Kerajaan Kutai, terletak di Pulau Kalimantan, Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua di Indonesia yang berdiri awal abad V Masehi. Raja yang pernah memerintah di kerajaan Kutai adalah Raja Kudungga, Asmawarman dan Mulawarman. Pada saat Raja Mulawarman berkuasa, Kutai mencapai puncak kejayaan.
  2. Kerajaan Tarumanegara, terletak di Jawa Barat tepatnya di daerah Bogor. Raja Purnawarman adalah Raja Kerajaan Tarumanegara yang terkenal yang diketahui dari sejumlah prasasti-prasasti yang ditemukan di daerah Jawa Barat, Kerajaan Tarumangera berdiri sekita abad IV - VII Masehi.
  3. Kerajaan Kalingga, lokasi kerajaan Kalingga diperkirakan disekitar Jawa Tengah. Pada saat kerajaan di pimpin oleh Ratu Sima, kerajaan Kalingga mencapai zaman keemasan. Kerajaan Kalingga berdiri sekitar  abad 6 Masehi.
  4. Kerajaan Kediri, terletak disekitar Sungai Brantas, Jawa Timur. Pada saat Kerajaan Kediri dipimpin oleh raja yang ke III  yaitu Raja Jayabaya, kerajaan ini mencapai zaman keemasannya. Kerajaan Kediri berdiri sekitar abad ke 12 Masehi. Raja Jayabaya hingga kini terkenal dengan ramalannya yaitu Ramalan Jayabaya
  5. Kerajaan Majapahit, merupakan kerajaan terbesar Nusantara kedua setelah Sriwijaya, terletak di Jawa Timur. Raja Majapahit yang pertama adalah Raden Wijaya yang brgelar Sri Kertarajasa Jayawardhana. Wilayah Kerajaan Majapahit sangat luas hampir seluruh Nusantara hingga Singapore. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan saat dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk dengan patihnya yang terkenal yaitu Patih Gajah Mada. Cita-cita Patih Gajah Mada yang dikenal dengan Sumpah Palapa yaitu mempersatukan seluruh Nusantara dalam kekuasaaan Kerajaan Majapahit.
  6. Kerajaan Singosari, terletak disekitar Gunung Kawi, Jawa Timur. Pendiri kerajaan Singosari seorang Bupate Tumapel, Ken Arok. Setelah menjadi raja, Ken Arok bergelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabumi. Kerajaan ini berdiri sekitar tahun1222 Masehi. Kerajaan Singosari mencapai zaman keemasan saat dipimpin oleh Raja Kertanegara.
  7. Kerajaan Mataram Hindu, terletak disekitar Jawa Tengah berdiri tahun 730 Masehi atau sekitar abad Ke 8 Masehi. Berikut nama-nama Raja yang telah memerintah di Kerajaan Mataram Kuno atau Mataram Hindu : Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya (732-760 M), Sri Maharaja Rakai Panangkaran (760-780 M), Sri Maharaja Rakai Panaggalan (780-800 M), Sri Maharaja Rakai Warak (800-820 M), Sri Maharaja Rakai Garung  (820-840 M), Sri Maharaja Rakai Pikatan (840 – 856 M),  Sri Maharaja Rakai Kayuwangi (856 – 882 M), Sri Maharaja Rakai Watuhumalang (882 – 899 M), Sri Maharaja Watukumara Dyah Balitung (898 – 915 M), Sri Maharaja Rakai Daksottama (915 – 919 M), Sri Maharaja Dyah Tulodhong (919 – 921 M), Sri Maharaja Dyah Wawa ( 921 – 928 M), Sri Maharaja Rakai Empu Sendok (929 – 930 M).
 Itulah 7 kerajaan-kerajaan Hindu yang tercatat dalam sejarah yang bersumber dari prasasti-prasasti yang ditemukan diberbagai wilayah di Indonesia.

Related Post

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Lengkap Kakawihan Anak-anak Bahasa Sunda

Buat sobat dhira yang lagi cari PR bahasa sunda tentang kakawihan anak-anak atau kakawihan barudak dalam bahasa sunda bisa cari disini. Dibawah ini beberapa kumpulan kakawihan anak-anak bahasa sunda yang terkenal atau sering dinyanyikan ditatar sunda. Tapi itu dulu, lamun ayeuna mah sudah tergantikan oleh lagu coboy junior dan lain-lain. Tapi sebagai urang sunda mestinya kita bisa mengajarkan kakawihan ini untuk anak-anak sambil nostalgia waktu masih kecil. Kakawihan anak-anak atau barudak berikut ini diperoleh dari berbagai sumber.

Baca : Cara Kredit Motor Syariah

Kakawihan anak bahasa sunda ayang-ayang gung


Ayang-ayang gung
Gung goongna rame
menka Ki Wastanu
Nu jadi wadana
Naha maneh kitu
Tukang olo-olo
Loba anu giruk
Ruket jeung kompeni
Niat jadi pangkat
Katon kagorengan
Ngantos kanjeng dalem
Lempa lempi lempong
Ngadu pipi jeung nu ompong
Jalan ka Batawi ngemplong

Baca : Ternyata Dijumpai Green Canyon di Karawang

Kakawihan anak bahasa sunda oray-orayan

Oray-orayan, luar l√©or mapay sawa…

Kata Sunda Serapan dari Bahasa Asing (Kecap Serapan tina Basa Deungeun)

Dalam kosa kata bahasa Sunda banyak dijumpai kata-kata serapan seperti dalam bahasa Indonesia. Kata atau kecap dalam bahasa Sunda yang berasal dari bahasa Asing sering kita dengar ditengah masyarakat dan sudah jadi bahasa sehari-hari. Kadang kita tidak menyadari bahwa kecap atau kata tersebut bukan kecap asli bahasa Sunda tetapi kecap serepan (kata serapan) dari basa Deungeun (bahasa Asing). Dibawah ini beberapa kecap serepan Basa Deungeun yang sering diucapkan sehari-hari

Contoh Kecap-kecap Sunda Serapan tina Basa DeungeunKulkas = KoelkastKamar (ruangan) = KamerSaklar = SchakelaarKeran  = KraanKubus  = KubusDus  = DoosSoak = ZwakBaut - boutmur  = MoerEtalase = EtalagePantofel = PantoffelBan = BandPabrik = FabriekSetrum = StroomSpaneng = SpanningKarton= KartonKuas = KwastAkte/ Akta  = AkteTelat = Te laatTorenahir - akhirakal - aqalgaib - ghaibbodi - bodyhen - handpinalti= Finaltykomputer- computerspiker - speakerfoto kopi - photo copybodigar - body guardtelevisi - televisionangpawcapc√©…

Not dan Lirik Lagu Mars Jayalah Pramuka

Buat kakak yang sedang mencari lagu dan not mars jayalah Pramuka bisa lihat di postingan dibawah ini. Lagu mars jayalah pramuka ini diciptakan olehDrs. H. Munatsir Amin. Berikut ini lirik lengkap lagunya

Gerakan Pramuka
Praja Muda Karana
Sebagai wahana
Kaum muda suka berkarya
Kader pembangunan

Sebagai perekat bangsa
Disiplin berani dan setia
Berakhlak mulia
Bersatu padu
Menyongsong masa depan yang gemilang

Satu pramuka
Untuk satu Indonesia
Melangkah maju
Menuju masyarakat yang sentosa
Jayalah Pramuka
Jayalah Indonesia

Not Lagu Jayalah Pramuka Buat kakak yang perlu not lagu jayalah pramuka, bisa di lihat dibawah ini.

Selamat bernyanyi mars Jayalah Pramuka

Kumpulan Nama-nama Keperluan Sekolah Dalam Bahasa Sunda

Nama-nama peralatan sekolah dalam bahasa sunda terkadang dijumpai mirip dengan bahasa Indonesia. Bahkan ada juga yang mirip dengan bahasa daerah suku tertentu di tanah air. Jadi sebenarnya meskipun seseorang bukan berasal dari suku sunda bisa paham apa yang dimaksud karena kemiripan bahasa tadi.


Nama-nama Keperluan sekolah Dalam Bahasa Sunda


Tas = Kantong
Topi = Topi
Sepatu = Sapatu
Tali Sepatu = Tali Sapatu
Baju Seragam = Acuk Saragam
Celana = Calana
Pulpen = Pulpen
Pensil = Patlot
Buku = Buku
Penghapus = Panghapus

Penggaris = Jidar
Serutan Pensil = Panyerut Patlot
Sabuk = Beber
Kaos Kaki = Kaos Kaki

Semoga membantu,..


Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer