Skip to main content

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.

Upacara Bendera Pertama
Upacara Pertama di SD


Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.

ruangan kelas 1 sd
Jam-jam awal di kelas

Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini mulai babak seru mengantar hari pertama sekolah Hisyam di SD di mulai. Hisyam tidak mau berbaris berbaur dengan teman-temannya TANPA abanya berdiri didekatnya. Lihat picture paling atas, photo jepretan abanya diambil dari belakang Hisyam. Aba posisinya berdiri dekat dibelakang Hisyam., Agar Hisyam bisa bergabung dibarisan butuh perjuangan, he,,he,,,he,. Sesekali Hisyam menengok kebelakang memastikan abanya apakah masih tetap diposisi yang sama. Ternyata hal ini tidak berlaku pada Hisyam aja, beberapa temannya kelas 1 juga sama harus didampingi sama orangtuanya.

Beberapa menit berdiri dibarisan, tiba-tiba Hisyam keluar dari barisan, sambil pegang perut, bilang mau eee (buang air besar). Ini modus atau karena sterss ya.... Langsung aja dianter ke toilet pria dekat mushola. Toilet pria dan wanita terpisah. Toilet pria terdiri ari 3 ruang untuk buang air besar dan 5 tempat buang air kecil. Kondisi ruangan toilet cukup bersih dan terawat, tidak bau dan lumutan. Sepertinya Mang gobes dan Pak Endut (staff sekolah) rajin membersihkan.

Saat mau lepas celana, Hisyam tidak bisa buka sabuk, masalahnya sabuk ini sabuk baru bukan yang biasa dipakai, sabuk baru ini sabuk yang biasa dipakai oleh pramuka. Dan memang saat dibuka kunci sabuknya keras sekali, orang dewasa pun susah membukanya. Setelah nongkrong beberapa lama belum juga "nongol". Ini modus biar ngak upacara atau bener-bener mau buang hajat. Tapi akhirnya "nongol" juga setelah ditungguin...setelah cebok sendiri, Hisyam masuk lagi ke barisan untuk melanjutkna upacara.

Sebelum upacara bubar, Pak Anding (Kepala Sekolah) memeberikan informasi agar seluruh murid untuk bersalaman kepada semua guru-guru pengajar. Disini mucul lagi kelebihan Hisyam, dia tidak mau baris ngantri bersalaman sendiri, harus bareng sama abanya. Beberapa temannya juga sama ngak mau ikut barisan, bahkan ada yang menangis he..he..

Akhirnya setelah dilobi, Hisyam mau bergabung ikut barisan yang bersalaman...

Anak Sd kelas 1
Jam-jam berikutnya di kelas
Teet..bunyi bel berbunyi, semua murid masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran di hari pertama. Saat upacara Pak Anding menginformasikan bahwa di hari pertama pelajaran langsung mulai biar start langsung melesat.

Kejadian terjadi lagi, Hisyam tidak mau masuk kelas! kalau tidak abanya ikut masuk ke kelas. Lobi dilakukan, tapi tidak berhasil, kahirnya aba ikut masuk ke dalam kelas, ikut belajar. Tapi tidak duduk bareng karena kursinya cuma satu, akhirnya berdiri saja dipojok kelas. Ternyata Hisyam tidak sendirian, ada satu temannya yang sama, ibunya ikut didalam ruang kelas..ha..ha... Kalau teman-temannya yang lain, orang tuanya berdiri disamping jendela ruangan kelas. Kalau ada yang pergi anaknya yang diruang kelas langsung keluar mencari sambil menangis.

Teman SD
Mulai akrab sama teman

Guru pertama yang mengajar Hisyam di kelas, Ibu Iis. Di awal pelajaran bu Iis mengajak beberapa anak untuk maju kedepan memperkenalkan diri. Melihat anak-anak tampil ke depan memperkenal diri jadi tertawa melihatnya, lucu. Bu Iis bertanya kepada salah satu anak, berasal dari mana (maksudnya alamatnya), dijawab sama anaknya dari jawa,

Hari senin, hari pertama sekolah, Hisyam full dikelas harus ditemenin, mudah-mudahan besok lobi berhasil, Hisyam sudah bisa dikelas sendiri tanpa harus ditemenin.

Semoga...

Related Post

Comments

Artikel Baru

Kumpulan Lengkap Kakawihan Anak-anak Bahasa Sunda

Buat sobat dhira yang lagi cari PR bahasa sunda tentang kakawihan anak-anak atau kakawihan barudak dalam bahasa sunda bisa cari disini. Dibawah ini beberapa kumpulan kakawihan anak-anak bahasa sunda yang terkenal atau sering dinyanyikan ditatar sunda. Tapi itu dulu, lamun ayeuna mah sudah tergantikan oleh lagu coboy junior dan lain-lain. Tapi sebagai urang sunda mestinya kita bisa mengajarkan kakawihan ini untuk anak-anak sambil nostalgia waktu masih kecil. Kakawihan anak-anak atau barudak berikut ini diperoleh dari berbagai sumber.

Baca : Cara Kredit Motor Syariah

Kakawihan anak bahasa sunda ayang-ayang gung


Ayang-ayang gung
Gung goongna rame
menka Ki Wastanu
Nu jadi wadana
Naha maneh kitu
Tukang olo-olo
Loba anu giruk
Ruket jeung kompeni
Niat jadi pangkat
Katon kagorengan
Ngantos kanjeng dalem
Lempa lempi lempong
Ngadu pipi jeung nu ompong
Jalan ka Batawi ngemplong

Baca : Ternyata Dijumpai Green Canyon di Karawang

Kakawihan anak bahasa sunda oray-orayan

Oray-orayan, luar léor mapay sawa…

SINONIM-SINONIM BAHASA SUNDA

Sinonim atau persamaan kata tidak hanya ada dalam bahasa Indonesia saja, bahasa daerah seperti bahasa Sunda pun memilikinya. Sinonim bahasa Sunda yaitu

"Sinonim nyaéta kecap anu béda tapi mibanda harti anu jiga atawa sarua"
Berikut beberapa kata Sinonim dalam Bahasa Sunda
Sinonim bahasa Sunda Silih ajenan = Silih hargaan
Sinonim bahasa Sunda Supaya = Sangkan
Sinonim bahasa Sunda Wejangan =  Papatah
Sinonim bahasa Sunda Dahar = Neda
Sinonim bahasa Sunda Asli = pituin
Sinonim bahasa Sunda Awewe = wanoja
Sinonim bahasa Sunda Beunghar = jegud
Sinonim bahasa Sunda Bodo = belet
Sinonim bahasa Sunda Balik = mulang
Sinonim bahasa Sunda Kandel = Kedewil
Sinonim bahasa Sunda Alus = Sae
Sinonim bahasa Sunda Asri = Endah
Sinonim bahasa Sunda Ayeuna = Kiwari
Sinonim bahasa Sunda Badarat = Leumpang
Sinonim bahasa Sunda Baheula = Bareto
Sinonim bahasa Sunda Banga = Hese
Sinonim bahasa Sunda Beurat = Abot
Sinonim bahasa Sunda Bikang =  Awewe
Sinonim bahasa Sunda Gampang =  Babari
Sinonim bahasa Sunda Gancang …

CONTOH-CONTOH PUPUH ASMARANDANA BAHASA SUNDA

Berikut ini beberapa contoh-contoh Pupuh Asmarandana dalam bahasa Sunda. Pupuh Asmarandana kebanyakan berisi tentang petuah atau piwuruk dalam bahasa Sunda. Salah satu jenis puisi dalam bahasa Sunda yaitu Pupuh. Seperti yang diketahui pupuh dikelompokan kedalam dua kelompok  yaitu kelompok Sekar Alit dan Kelompok Sekar Ageung. Pupuh Asmaranda masuk kedalam kelompok pupuh Sekar Ageung
Aturan yang dipergunakan dalam membuat pupuh disebut dengan Guru lagu dan Guru Wilangan. Pupuh Asmarandana menggunakan rumus  Guru Wilangan dan Guru Lagu : 8-i, 8-a, 8-é/o, 8-a, 7-a, 8-u, 8-a  Padalisan: 7
Contoh Pupuh Asmaranda  Ngariung di tengah bumi,
pun biang sareng pun bapa,
jisim abdi diuk mando,
husu ngupingkeun pituah,
piwejang ti anjeunna,
pituduh laku rahayu,
piwejang sangkan waluya.

Jalma kudu silihasih
kudu sing miboga rasa
ulah nganyenyeri hate
ka sakum dulur anu aya
mun nyaah ka sasaha
hidep hirupna saluyu
saluyu tur loba harta

Eling-eling mangka eling
Rumingkang di bumi alam
Darma wawayangan…

Kumpulan Nama-nama Keperluan Sekolah Dalam Bahasa Sunda

Nama-nama peralatan sekolah dalam bahasa sunda terkadang dijumpai mirip dengan bahasa Indonesia. Bahkan ada juga yang mirip dengan bahasa daerah suku tertentu di tanah air. Jadi sebenarnya meskipun seseorang bukan berasal dari suku sunda bisa paham apa yang dimaksud karena kemiripan bahasa tadi.


Nama-nama Keperluan sekolah Dalam Bahasa Sunda


Tas = Kantong
Topi = Topi
Sepatu = Sapatu
Tali Sepatu = Tali Sapatu
Baju Seragam = Acuk Saragam
Celana = Calana
Pulpen = Pulpen
Pensil = Patlot
Buku = Buku
Penghapus = Panghapus

Penggaris = Jidar
Serutan Pensil = Panyerut Patlot
Sabuk = Beber
Kaos Kaki = Kaos Kaki

Semoga membantu,..


Cara Membuat Pupuh Kinanti Bahasa Sunda

Dalam kesusastraan sunda dikenal bermacam-macam nama pupuh, kurang lebih sekitar 17 nama pupuh. Pupuh adalahbentuk puisi tradisional Jawa yang memiliki jumlah suku kata dan rima tertentu di setiap barisnya (https://id.wikipedia.org/wiki/Pupuh). 
Nama-nama Pupuh  Dangdanggula,Sinom,Asmarandana,Kinanti,Durma,Pangkur,Mijil,Pucung,Maskumambang,Magatru,Wirangrong,Balakbak,Ladrang,Gambuh,Gurisa,LambangJurudemung Untuk memudahkan menghapal nama-nama pupuh sunda diatas kita singkat saja menjadi DaSi AKi DurPaMiCung MasMaWira BaLaGam GuLaJur.

BaCa: Contoh sajak bahasa Sunda
Pupuh Kinanti Dalam membuat sebuah pupuh harus mengikuti ketentuan-ketentuan tertentu yang sudah baku. Setiap pupuh memiliki ketentuan yang berbeda-beda, Dalam membuat pupuh Kinanti harus memperhatikan ketentuan-ketentuan berikut ini :
Setiap bait terdiri dari 6 barisBaris 1 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “u” atau dengan rumus : 8-uBaris 2 : 8 suku kata dengan diakhiri huruf vokal “i” atau dengan rumus :  8-iBaris 3…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer