Skip to main content

Tips Mengajarkan Anak Yang Takut Berenang

Anak-anak biasanya suka bermain basah-basahan alias bermain air baik itu di kamar mandi atau di kolam renang. Tapi ternyata ada juga anak-anak yang takut air atau takut diajak berenang di kolam renang. Biasanya seminggu sekali, sebulan sekali atau saat libur sebagian orang tua mengajak keluarga untuk berenang di kolam renang. Tidak asyik kan kalau yang lain happy-happy bermain air atau berenang, si adik malah takut berenang, turun ke kolam saja sudah takut.


Tips Orang Tua Mengajarkan Anak Agar Tidak Takut Berenang

Kejadian anak-anak yang takut berenang bisa kita lihat saat area kolam renang umum. Beberapa orang tua berusaha membujuk buah hatinya yang takut turun ke kolam, Berbagai upaya dilakukan, ada yang berhasil dan ada yang tidak. Malah ada yang sampai membuat anaknya menangis atau berteriak takut. Tips berikut ini bisa anda coba untuk melatih atau mengajarkan anak agar tidak takut berenang.
  •  Sabar, santai saja jangan terburu-buru atau bernafsu dan memaksa anak untuk berenang di kolam renang. Jika terlalu buru-buru atau memaksa anak, membuat anak menjadi tidak nyaman dan tertekan. Anak menjadi stres dan tidak nyaman belajar berenang. Kita harus lebih sabar, tidak tergesa-gesa dalam mengajarkan anak berenang. Hasilnya akan lebih efektif dari pada dilakukan dengan memaksa dan terburu-buru.
  • Pergunakan pelampung, sebagai permulaan pasang pelampung pada anak yang akan kita ajarkan berenang agar anak percaya diri saat berada di air. Dengan pelampung anak bisa nyaman di air yang awalnya mereka berfikir air atau kolam renang menakutkan. Setelah anak berani turun ke kolam dengan pelampung biarkan mereka bermain air agar timbul kepercayaan diri hingga akhirnya anak tidak mau menggunakan pelampung lagi. Hal ini butuh proses
  • Pergunakan Kolam Dangkal, jangan memaksa atau membujuk anak untuk bermain atau berlatih di kolam yang lebih dalam. Biarkan anak bermain-main air di kolam dangkal sampai perasaan takut airnya benar-benar hilang. Sekali lagi dibutuhkan kesabaran orang tua dalam hal ini. 
  • Mengajak teman-teman, berada bersama teman-teman bisa menambah keberanian dan percaya diri anak. Mengajak teman-teman sebaya anak untuk berenang bersama ide bagus dalam melatih anak untuk belajar berenang. Ketika anak melihat salah satu temannya sudah selangkah lebih maju, misal pindah ke kolam lain, anak akan mencoba untuk meniru. Dilain hal olok-olok atau tekanan teman-teman bisa juga berdampak postif untuk memicu anak lebih baik lagi dalam hal berenang
  • Teknik Berenang, setelah anak nyaman dan tidak takut air lagi, mulai perkenalkan teknik berenang yang baik dan benar. Pada tahap ini jika diperlukan anda bisa mengundang pelatih untuk mengajarkan anak berenang.
Kegiatan mengajarkan anak untuk tidak takut air, melatihnya berenang hal yang sangat postif, orang tua telah melatih anak sebuah keterampilan yang sangar bermanfaat yaitu BERENANG.

Related Post

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer