Skip to main content

Mawar Bodas (Menelusuri Jalan Setapak)

Subhanallah, indahnya pagi hari di musim hujan ini. Semua terlihat hijau segar membuat mata ini betah memandang jauh.

pemandangan sawah hijau
Antara Kp Gonjing & Kp. Cengkeh
Photo diatas adalah penampakan pemandangan di jalan setapak yang menghubungkan antara kampung Gonjing dengan kampung Cengkeh. Kalau bukan musim hujan dan sedang tidak musim nyawah pemandangannya tidak terlalu indah. Tapi jika sedang musim ngarambet saat tanaman padi belum berbuah, terlihat hijau disisi kanan dan kiri, Apalagi kalau dari arah gonjing dan melihat ke kanan, hijau pesawahan kampung Cengkeh dan sekitarnya terlihat sampai jauh mata memandang.

Cuaca Karawang yang identik dengan panas dan gersang, saat msuim hujan dan musim nyawah berbeda sekali, Karawang jadi hijau dan segar. Melihat jalan setapak diatas jadi teringat lagu sunda, mawar bodas.

Mapay jalan satapak / Menelusuri jalan setapak
Ngajugjug ka hiji lembur / Mendatangi suatu kampung
Henteu karasa capena / Tidak terasa lelahnya
Sabab aya nu diteang / Sebab ada yang dicari

Hujan angin dor dar gelap / Hujan angin hujan petir
Hunteu aya keur ngiuhan / Tidak ada tempat berteduh
Sanajan awak rancucut / Meskipun badan basah kuyup
Teu paduli kajeun teuing / Tidak peduli masa bodo

Nu penting mah asal nepi / Yang penting sampai tujuan
Ka tempat anu di tuju / Ke tempat yang dituju
Rek ngalongok mawar bodas / Mau melihat mawar putih
Nu moal lila ka ala / Yang sebentar lagi dipetik

Sugan tea moal gagal / Disangka tidak akan gagal
Kembang geus aya nu boga / Kembang sudah ada yang punya
Balik teh asa hoream leumpang ge asa ngalayang / Pulang terasa malas jalan terasa melayang
Teu kasawang ti anggalna / Tidak terbayang dari awal
Teu kapikir ti tadina / Tidak terpikir dari tadinya
Lamun bakal nyeri hate / Kalau bakal sakit hati
Hoream teu sudi teuing / Malas tidak mau sama sekali
Mikiran pipanyakiteun / Memikirkan yang bikin sakit
Mikiran pipanyakiteun / Memikirkan yang bikin sakit

Melihat pemadang endah di barengi haleuang mawar bodas, edun pisan.

Related Post

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer