Skip to main content

Legenda Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu

pintu masuk tangkuban perahuSobat dhira tentu sudah tahu tempat wisata gunung Tangkuban Perahu. Wisata panorama alam kawah gunung yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Sekitar 20 Km ke arah utara kota Bandung. Nama Tangkuban Perahu yang berarti Perahu yang terbalik konon karena bentuk gunung Tangkuban Perahu yang mirip dengan perahu yang terbalik. Di Jawa Barat sendiri Tangkuban Perahu identik dengan cerita rakyat tentang Legenda Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu hingga kini merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Pengunjung hanya bisa naik ke lokasi wisata jika kondisi gunung yang masik aktif ini aman. Pemantau aktifitas gunung Tangkuban Perahu selalu menginformasikan secara berkala ke pengelola wisata Tangkuban Perahu.

Akses ke Lokasi Wisata Tangkuban Perahu

Ada beberapa jalur akses yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi wisata Tangkuban Perahu. Bisa melalui pintu tol pasteur, pintu tol Padalarang atau bisa dari arah Subang. Jika sobat keluar dari pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lanjut ke Pasirkaliki - melewati Sukajadi - Setiabudi - Lembang lalu sampai ke lokasi Tangkubanparahu (Gerbang Atas). Dan jika keluar tol Padalarang sobat bisa ambil arah ke Cimahi lalu belok ke kiri melalui Jl. Kolonel Masturi, lalu terus saja ikuti jalan Kolonel Masturi hingga ujungnya (melewati daerah kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), lalu saat bertemu pertigaan Jl. Raya Lembang, belok kiri dan terus saja ikuti jalan melewati markas Brimob dll, sekitar 1 kilometer lagi akan sampai di Gerbang akses ke wisata kawah Tangkuban Perahu (kiri jalan).

wisata murah tangkuban perahu
Tangkuban Perahu

Legenda Sangkuriang Dan Tangkuban Perahu

Berdasarkan cerita rakyat secara turun temurun yang berkembang ditanah sunda, legenda Sangkuriang erat kaitannya dengan Gunung Tangkuban Perahu. Konon gunung Tangkuban Perahu ini berasal dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang karena kesal tidak berhasil mempersunting Dayang sumbi. Berikut dongeng legenda tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi

Dayang Sumbi, Tumang Dan Sangkuriang

Konon dimasa lalu bumi parahyangan ini dipimpin oleh seorang raja yang mempunyai putri cantik jelita semata wayang yang bernama Dayang Sumbi. Karena putri semata wayang, Dayang Sumbi sangat manja namun cerdas. Suatu ketika Dayang Sumbi sedang menenun di istana, entah mengapa saat menenun kali ini pintalan benangnya jatuh berkali-kali. Karena kesal sudah berkali-kali akhirnya dia bersumpah barang siapa yang mengambilkan pintalan benang akan dijadikan suami. Akhirnya datang seekor anjing sakti yang bernama Tumang, mengambilkan pintalan benang Dayang Sumbi. Akhirnya karena terikat dengan sumpah yang diucapkan, Dayang Sumbi menikah dengan Tumang.

Tumang dan Dayang Sumbi hidup bahagia dan mereka dikaruniai anak berupa manusia yang diberi nama Sangkuriang. Seluruh kesaktian Tumang menurun ke anaknya Sangkuriang. Dalam masa kanak-kanak hingga menjelang dewasa Sangkuriang selalu di temani Tumang. Sangkuriang menganggap Tumang hanya anjing setia peliharaan ibunya. Hingga akhirnya Sangkuriang pun tumbuh menjadi pemuda tampan dan perkasa.

Suatu hari Sangkuriang dititah oleh ibunya berburu rusa ke hutan. Ditemani oleh Tumang anjing setianya berangkatlah Sangkurinag berburu ke hutan untuk mencari rusa sesuai permintaan ibunya. Apes bagi Sangkuriang perburuan kali ini tidak menghasilkan sama sekali. Rusa yang biasa banyak berkeliaran entah mengapa hari itu tidak ada sama sekali, pun dengan binatang lainnya. Tidak ingin mengecewakan sang ibu, akhirnya Sangkuriang mengarahkan anak panahnya ke Tumang, anjing setianya. Daging Tumang pun dibawa pulang untuk diserahkan kepada ibunya.

Bersambung



Related Post

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Angsuran Kredit Motor Syariah Amanah Pegadaian

Mau beli motor atau mobil baik yang bekas atau baru tapi uang pas-pasan, angsur (kredit) saja! Sekarang banyak leasing-leasing yang siap "membantu" anda membeli motor atau mobil dengan DP atau uang muka yang terjangkau. Ketatnya persaingan membuat leasing-leasing motor berlomba-lomba memikat hati calon customer. Ada yang membrikan hadiah langsung, diskon DP, cashback DP, pelengkapan pengemudi dan lain-lain. Sebagai calon customer kita harus jeli dalam memilih leasing untuk kredit motor. Jangan tergiur hanya karena prono-promo tadi, pilih yang menguntungkan dan memberikan harga yang murah. Caranya adalah dengan menghitng secara TOTAL biaya yang akan kita keluarkan. lalu bandingkan secara apel to apel.

Leasing Konvesional Dan Leasing Syariah Usaha perleasingan sekarang tidak hanya milik leasing konvensional, leasing syariah pun sudah ada disektor ini. Bank-bank bumn dan swasta sudah memiliki produk pembiayaan berbasis syariah. Selain bank-bank, perusahaan-perusahaan leasing ko…

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Baca : Niat puasa ramadhan dan artinya

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa se…

Hari Pertama Hisyam Sekolah SD

Senin tanggal 17 Juli 2017 kemarin adalah hari yang bersejarah buat Hisyam. Karena senin ini hari pertama Hisyam duduk di bangku sekolah dasar. Setelah satu tahun lamanya jadi anak TK di sekolah TK An- Nur Lemahabang Wadas Karawang. Di TK Hisyam memang hanya satu tahun saja, langsung kelas O besar. Biar sekalian antar SD Hisyam dibarengin sama kakaknya di SD Al-Kifah, Telagasari.



Hari pertama sekolah SD, Hisyam pilih minta diantar sama Aba saja bukan sama Uminya. Karena senin hari pertama sekolah, kami berangkat agak pagi dari jadwal dan juga karena hari senin ada upacara bendera (baca : Sususnan acara upacara bendera).

Menunggangi si Aki kami meluncur ke Telagasari, Alhamdulillah sampai disekolah upacara belum mulai. Langsung saja masuk ke kelas IB untuk mencari tempat duduk dan menyimpan tas. Setiap meja dilengkapi hanya satu kursi saja, semuanya berjumlah 26 pasang ini berarti satu kelas berjumlah 26 murid.


Tidak lama kemudian bel berbunyi, upacara bendera segera dimulai. Disini m…
Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer