Skip to main content

Rumus Matematika Keliling Dan Luas Bangun Datar

Bangun datar

Sebelum mengetahui rumus matematika menghitung keliling dan luas bangun datar, temen-temen sudah tahu belum pengertian dari bangun datar?. Bangun datar adalah bangun dua dimensi terdiri dari panjang dan lebar yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung. Contoh bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, jajaran genjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran.

contoh bangun datar, macam-macam bangun datar
Contoh Bangun Datar
Model dan jumlah ruas garis yang dimiliki suatu bagun datar merupakan sifat bangun datar tersebut. Misalnya bangun datar segitiga siku-siku :
Segitiga siku-siku memiliki sifat sebagai berikut.
a. Memiliki 3 ruas garis:  AB, AC dan BC
b. Memiliki garis tegak  lurus pada alas (tinggi)
c. Memiliki  ukuran, alas,  dan tinggi.
d. Memiliki dua buah sudut lancip
e. Memiliki satu buah sudut siku-siku (90o)

Rumus-rumus menghitung keliling dan luas bangun datar

Rumus Persegi
Keliling : 4 x Sisi
Luas : sisi x sisi


Rumus persegi panjang
Keliling : 2 x (Panjang + Lebar)
Luas : Panjang x Lebar

Rumus SegitigaKeliling : AB + AC + BC
Luas Segitiga : 1/2 x alas (BC) x tinggi AB


Rumus LingkaranKeliling lingkaran :22/7 x diameter
Luas = π (pi) x jari-jari (r) 2

Related Post

Comments

  1. Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada contoh soal psikotes gambar/ BAUM tes, download software gratis, dan download blogger templates seo responsive.

    ReplyDelete
  2. Info yang sangat menarik gan.. sedikit berbagi tips cara jitu untuk bisa lulus psikotes nih, ada banyak lulusan baru yang belum memahami apa itu psikotes, padahal psikotes itu mudah jika tahu trik menghadapinya dan psikotes itu gampang jika tahu cara menjawabnya. Sebelum mengikuti tes ini pelajari dahulu beberapa Contoh Soal Psikotes dan Jawabannya agar mudah ketika mengikuti tes pekerjaan. Terlebih lagi Soal Tes Potensi Akademik juga sangat penting dipelajari agar dapat lulus di Universitas ternama maupun SMA favorit. Selanjutnya adalah tahap wawancara, tahap inipun sangat sulit dilalui apabila tidak mengetahui apa saja yang ditanyakan ketika wawancara. Pertanyaan Wawancara Kerja telah lengkap saya bahas di blog saya tersebut. Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Copyright © 2014 | Dhira | All Right Reserved |Power by Blogger
About Us|Privacy Policy|Disclaimer