Indahnya berbagi

Tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW


Maulid nabi atau Kelahiran Nabi Muhammad SAW (Shallallahu 'alaihi wasallam) diperingati diberbagai negara dibelahan dunia. Berbagai cara dilakukan umat islam diseluruh dunia dalam memperingati kelahiran nabi besar Muhammad SAW, nabi akhir jaman, tidak ada nabi lagi setelah beliau. Peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. 

Setiap negara mempunyai ciri khas dalam mempringati Maulid nabi. Kalau di negara kita biasaanya diisi dengan tabligh akbar yang berisi berbagai kegiatan seperti pengajian, pembacaan sholawat nabi, pembacaan Alqur'an, pembacaan sejarah nabi dan kegiatan-kegiatan agama lainnya. Peringatan maulid nabi telah dilaksanakan sejak berabad-abad yang lalu. Umat islam memperingati maulid nabi untuk mengingat, mengahayati dan memuliakan kelahiran Rasulullah.

Kelahiran Nabi 

Nabi Muhammad SAW lahir dari suku Quraisy dari keluarga sederhana. Ketika beliau dilahirkan sudah tidak mempunyai seorang ayah atau yatim. Ayah nabi Abdullah wafat ketika nabi masih dalam kandungan. Nama lengkap ayah nabi Muhammad SAW adalah Abdullah bin ‘Abdul Muttalib bin Hashim. Ibunda nabi Siti Aminah wafat saat usia beliau usia enam tahun, Nama lengkap ibunda nabi adalah Aminah binti Wahab bin ‘Abdul Manaf. Sehingga nabi sejak usia dini sudah menjadi yatim piatu. Selanjutnya beliau diasuh atau diurus oleh kakeknya yaitu Syaibah bin Hâsyim yang dikenal dengan nama ‘Abdul Muttalib.

Selang beberapa lama kakek beliau pun wafat saat nabi berusia delapan tahun, Nabi kemudian diasuh oleh pamannya yang bernama Abu Thalib.

Sejarah Nabi Muhammad SAW Yang disampaikan Oleh Abdul Somad Lc., MA



Semoga bermanfaat..








Tag : Agama
0 Komentar untuk "Tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW"

Back To Top