Indahnya berbagi

Mengapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger Di Kabel Listrik PLN

Sob, pernah lihat ngak gerombolan burung asyik bertengger di kabel listrik pln? ada yang aneh ngak? mengapa burung kalau bertengger di kabel listrik terbuka (tanpa isolator) milik PLN tapi tidak tersengat listrik alias kesetrum. Padahal kalau manusia pegang atau menyentuh kabel listrik yang terbuka bisa langsung kesetrum. Apakah burung itu anti setrum? Why? begini jawaban ilmiahnya

Nama-nama burung yang sering hinggap atau bertengger di kabel listrik PLN seperti burung merpati, burung kepinis, burung pipit, burung gereja dan lain-lain. Hampir semua jenis burung yang habitatnya ada disekitar kabel listrik PLN pasti suka bertengger di kabel. Apalagi saat musim hujan, burung-burung suka bertengger di kabel listrik untuk berjemur.

Alasan Ilmiah Burung Tidak Kesetrum 

Rumus baku tentang kelistrikan menjelaskan bahwa arus listrik akan mengalir jika terjadi beda potensial atau tegangan. Arus listrik bisa mengalir pada benda yang bersifat konduktor atau penghantar.

Jadi jawaban mengapa burung tidak tersengat listrik saat bertengger di kabel listrik PLN, karena burung saat bertengger dikabel listrik mempunyai sifat kebalikan rumus diatas.

Alasan pertama, kaki-kaki burung bukan konduktor yang bagus bahkan condong bersifat isolator atau tidak bisa dialiri arus listrik.

Alsan kedua, saat bertengger atau hinggap dikabel listrik tidak terjadi beda potensial karena burung hanya hinggap di salah satu kabel saja.

Yang disebut dengan "kesetrum" pada manusia atau mahluk hidup lainnya adalah ketika arus listrik mengalir melewati tubuh manusia atau mahluk hidup tadi. Jadi agar tidak kesetrum, kita harus cegah arus listrik mengalir lewat tubuh kita. Jika sedang memperbaiki listrik dirumah biasakan untuk menurunkan MCB terlebih dahulu. Pergunakan tespen untuk cek apakah masih ada arus listrik atau tidak. Biasakan menggunakan sepatu yang berbahan isolator baik jika memperbaiki listrik dirumah.







Tag : Mengapa
0 Komentar untuk "Mengapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger Di Kabel Listrik PLN"

Back To Top