Indahnya berbagi

Hari Ibu Tanggal 22 Desember? Begini Sejarahnya


Di negara kita setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari ibu. Beragam kegiatan dilakukan dan ucapan selamat disampaikan ketika hari ibu tiba. Update status dan postingan di media sosial facebook, tweeter ramai dengan ucapan selamat hari ibu baik lewat tulisan atau gambar. Namun, dari jutaan orang yang memperingati hari ibu mungkin tidak semuanya tahu sejarah atau asal mula kenapa hari ibu jatuh pada setiap tanggal 22 desember.

Akar Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Hari Ibu di Indonesia dan mothers day ala barat akar sejarahnya sangat berbeda. Sejarah hari ibu di Indonesia tidak terlepas dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Yogyakarta tahun 1928 dijadikan tempat pertemuan organisasi-organisasi wanita diseluruh Indonesia. Acara berlangsung dari tanggal 22-25 Desember 1928 di gedung yang sekarang dikenal sebagai Mandala bhakti Wanita tama, di hadiri sekitar 30 organisasi wanita yang berasal dari Jawa dan Sumatera. Hasil pertemuan organisasi-organisasi perempuan Indonesia ini memutuskan terbentuknya Kongres Wanita Indonesia (KOWANI).

Kemudian tanggal kongres pertama perempuan Indonesia yang berlangsung di Yogyakarta oleh Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 ditetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional
Hingga kini, setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari ibu untuk mengenang diselenggarakannya kongres pertama perempuan Indonesia.

Mothers Day

Tradisi memperingati Mothers Day yang dilakukan oleh negara-negara dibelahan dunia berbeda-beda tergantung asal muasal hari ibu ada menurut pandangan mereka.

Contoh Mothers day di Inggris dan Amerika akan berbeda karena asal muasalnya pun berbeda. Di Inggris mothers day biasa diperingati 3 minggu sebelum hari paskah. Kebiasaan ini bersumber dari kebiasaan yang terjadi pada abad ke-16 dimana ibu-ibu melakukan kunjungan tahunan ke gereja dan dipercayai juga bahwa pada hari itu para ibu-ibu harus bersatu bersama anak-anak mereka.

Sedangkan kalau di negara Donald Trump (baca: Amerika), tradisi mothers day berawal dari peristiwa yang terjadi tahun 1870, dimana aktivis sosial Julia Ward Howe mencanangkan pentingnya perempuan bersatu melawan perang saudara. Peringatan mothers day dilakukan setiap minggu kedua bulan mei.

Peringatan hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 desember di Indonesia ternyata "sejarahnya" sangat berbeda sekali dengan mothers day meskipun sama-sama hari ibu.

Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya

Selamat Hari Ibu



Tag : Info, IPS
0 Komentar untuk "Hari Ibu Tanggal 22 Desember? Begini Sejarahnya"

Back To Top