Indahnya berbagi

Puasa Ramadhan Pertama


Berpuasa merupakan rukun islam yang ke 4, setiap muslim yang memenuhi syariat wajib hukumnya menjalankan ibadah puasa. Kewajiban berpuasa bagi orang beriman berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-qur'an surat Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa’

Puasa Pertama Ramadhan Yang Dilakukan Jaman Nabi

Turunnya ayat diatas merupakan dasar perintah untuk menjalankan puasa ramadhan selama 1 bulan yang dilakukan sesuai dengan syariat, Syariat menjalankan ibadah puasa ramadhan pertama yang dijalankan saat jaman nabi yaitu saat tahun ke-2 Hijriah atau setelah diperintahkannya kiblat menghadap ke Ka'bah.

Menjalankan ibadah puasa juga dilakukan oleh umat-umat sebelum umat nabi Muhammad SAW. Hanya saja tata cara dan syariatnya berbeda.

Bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa. Selain melakukan ibadah puasa, bulan ramadhan juga istimewa karena Nuzulul Qur'an, Sholat Tarawih dan Lailatul Qadar. Semuanya hanya ada di bulan ramadhan saja.

Akhir dari syariat menjalankan ibadah puasa ramadhan seperti yang diterangkan dalam ayat diatas adalah untuk membentuk insan yang bertaqwa. Yaitu menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.



Tag : Ngaji
0 Komentar untuk "Puasa Ramadhan Pertama "

Back To Top