Indahnya berbagi

Petra Jordan (Yordania) Salah Satu Keajaiban Dunia


Petra adalah keajaiban dunia, tempat indah dimana jutaan tourist setiap tahun berkunjung kesana. Petra merupakan sebuah situs arkeologikal dengan keindahan yang tidak akan dijumpai ditempat manapun dibelahan dunia ini, terletak di Ma'an, Yordania. Nama Petra sendiri berasal dari Yunani yang berarti batu. Semua arsitektur bangunan dan pengairan yang terkenal di Petra semua dibuat dari batu. Tidak salah kalau Petra ini merupakan salah satu keajaiban dunia sepanjang peradaban manusia dan alam.

Petra pertama kali dibangun sekitar abad ke -6 SM, oleh orang-orang Arab Nabatea, sebuah suku nomaden yang menetap di daerah tersebut dengan area wilayah hingga ke Syria.

Al Khazneh (wikipedia.org)
Geografis Petra merupakan pegunungan batu yang berwarna merah. Petra sendiri dikelilingi oleh gunung-gunung batu yang tinggi. Petra merupakan harta karun negara Yordania yang mampu menarik jutaaan  wisatawan dari manca negara. Petra Ini adalah kota jaman dulu yang unik dengan wilayah yang cukup luas. Keunikan kota ini karena dibangun dari ukiran batu-batu sepanjang pegunungan. Petra dibangun oleh orang-orang Nabataeans, Suku Arab yang dikenal rajin yang sudah mendiami daerah ini lebih dari 2000 tahun yang lalu. Orang-orang Nabataeans mengubah kotanya menjadi persimpangan penting untuk jalur perdagangan kala itu yaitu jalur sutra dan jalur perdagangan rempah-rempah. Kota Petra dijadikan rute perjalanan oleh saudagar-saudagar dari China, India dan Arab selatan dengan Mesir, Suriah, Yunani dan Roma dalam transaksi perdagangan.

Tempat Teater
Karena luasnya Petra dibutuhkan waktu kurang lebih 5 hari jika ingin menelusuri semua keajaiban-keajaiban peradaban yang terdapat di Petra. Untuk memasuki kota melewati sebuah ngarai sempit yang disebut dengan Siq, sepanjang 1 Km. Sisi-Sisi Siq adalah tebing-tebing batu setinggi 80 Meter. Saat melewati Siq dengan berjalan wisatawan disuguhkan pemadangan yang mempesona dari bebatuan yang ada di Petra. Setelah melewati Siq terlihat bangunan Al-Khazneh (Departemen Keuangan) nan megah yang terbuat dari ukiran batu. Sebuah fa├žade besar, lebar 30m dan tinggi 43m, diukir dari bebatuan yang berwarna merah muda sedikit gelap. Jika berada di depan Al-Khazneh object lain akan terlihat kerdil. Konon ini dibangun pada awal abad ke-1.

Saat memasuki lembah Petra akan ditakjubkan dengan keindahan alam tempat ini dan teknologi arsitektur yang luar biasa. terdapat ratusan makam batu yang terukir rumit dibebatuan.

Teater dari ukiran batu bergaya Romawi, yang bisa menampung 3.000 orang. Ada Obelisk, Candi, altar-altar pengorbanan dan jalan-jalan yang bertiang-tiang, dan tinggi di atas, menghadap Lembah. Di dalam situs ada juga dua museum yang sangat bagus; Museum Arkeologi Petra, dan Museum Nabatea Petra yang keduanya merupakan temuan dari penggalian di wilayah Petra

Di dalam situs tersebut, beberapa perajin dari kota Wadi Musa dan pemukiman orang-orang Badui di dekatnya telah mendirikan kios-kios kecil yang menjual barang-barang kerajinan lokal, seperti tembikar dan perhiasan Badui, dan botol pasir multi warna

Untuk memasuki lokasi tidak diizinkan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tapi jika tidak ingin berjalan bisa menyewa unta atau kereta kuda untuk membawa Anda melalui Siq.  Dilokasi terdapat penyewaan keledai, atau unta yang dilengkapi pemandu untuk membantu berpetualang berkeliling lokasi Petra.

Jika berkunjung ke Petra, pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman saat berjalan dan topi untuk melindungi dari sinar matahari dan selalu membawa banyak air minum.

Waktu terbaik untuk melihat Petra, terutama jika berencana untuk mengambil foto, adalah pagi sampai tengah hari atau sore hardan meningkatkan warna alami batu yang menakjubkan yang terkena paparan sinar matahari.







Tag : Info
0 Komentar untuk "Petra Jordan (Yordania) Salah Satu Keajaiban Dunia"

Back To Top