Indahnya berbagi

Pengertian Suhu


Termometer adalah alat yang dipergunakan untuk mengukur suhu. Nama Termometer berasal dari bahasa latin yaitu Thermo yang artinya panas. Sedangkan meter artinya mengukur. Termometer bekerja dengan prinsip termometrik suatu zat. Apa itu termometrik zat? termometrik zat adalah  perubahan sifat - sifat zat karena disebabkan oleh perubahan suhu zat tersebut

Kebiasaan dalam masyarakat dalam mengukur suhu biasanya menggunakan indra peraba. Meskipun indra peraba bisa melakukan pendeteksian suhu namun dengan termometer pengukuran suhu menjadi lebih valid.

Alat Termometer pertama kali ditemukan oleh Galileo – Galilei (1564 – 1642)

 

Apa Pengertian Suhu?

Pengertian suhu dalam ilmu fisika adalah besaran yang menyatakan derajat panas atau dingin suatu benda atau object. Alat bantu untuk mengukur suhu dengan tingkat keakuratan tinggi yaitu dengan menggunakan termometer.

Satuan Suhu

Satuan Suhu mengacu ke sistem SI, Sistem Satuan Internasional (nama aslinya dalam bahasa Perancis: Système International d'Unités atau SI) adalah bentuk modern dari sistem metrik adalah  Kelvin (K). Skala-skala lain adalah Celsius, Fahrenheit, dan Reamur.


Dalam skala Celsius, 0 °C adalah titik di mana air membeku dan 100 °C adalah titik didih air pada tekanan 1 atmosfer. Skala Celcius adalah yang paling sering digunakan di dunia. Namun di Amerika skala Fahrenheit yang sering dipergunakan.

Suhu air membeku dalam skala Fahrenheit adalah 32 °F dan titik didih air adalah 212 °F.

Tabel Satuan Suhu
Tabel skala satuan suhu

Untuk mengubah skala Celsius ke skala Kelvin cukup ditambahkan 273 (atau 273.15) saja.


Tag : IPA
0 Komentar untuk "Pengertian Suhu"

Back To Top