Indahnya berbagi

Komponen 3000 Perak ini Penyebab Magic Com Mati Total


Jangan panik dan bingung jika magic com atau rice cooker mati total. Ada dua pilihan solusinya, bongkar (untuk diperbaiki) atau beli baru. Kalau sobat tipe yang berkantong tebal option beli baru no problem. Namun yang kantongnya tipis dan sedikit berjiwa ngoprek, bongkar magic com atau rice cooker pilihan yang paling tepat. Bongkar rice cooker atau magic com reltif mudah, tinggal buka beberapa sekrup dibagian bawah.

Biasanya kalau magic com atau rice cooker mati total cukup dengan mengganti komponen seharga Rp 3000 an sudah bisa hidup atau panas kembali dengan normal seperti semula.
Komponen ini oleh tukang servis dikenal dengan nama Thermal fuse. Tapi orang awam atau terkadang toko komponene elektronik menyebutnya sekering magic com atau sekering rice cooker saja. Bentuk thermal fuse seperti gambar dibawah


Ciri-ciri Kerusakan Magic com Atau Rice Cooker Karena Thermal Fuse
  • Lampu indikator tidak menyala, hal ini karena tidak ada arus atau setrum yang masuk sama sekali
  • Jika diraba bagian dalam bawah dan samping magic com atau rice cooker tidak hangat atau panas
  • Jika ditekan pilihan masak beberapa saat (cooker) atau penghangat (warm) lampu tetap tidak menyala dan bagian dalam tidak hangat atau panas jika diraba.
Jika tanda-tanda kerusakan magic com atau rice cooker sobat seperti diatas bisa dipastikan 99 % komponen Thermal fuse atau sekering putus atau rusak. Tanda-tanda kerusakan pada Thermal fuse mirip juga dengan kerusakan kabel putus didalam. 



sekering magic com
Letak Thermal Fuse

Letak Thermal fuse atau sekering rice cooker biasanya agak tersembunyi. Terbungkus pelindung anti panas yang berwarna putih. Kalau pelndung dilepas baru terlihat. Bagi yang kesulitan mencari dimana letak atau posisi komponen Thermal fuse berada. Cara mudahnya adalah urut dari kabel yang bersumber dari colokan listrik pln. Salah satu kabelnya dipasang Thermal fuse.

Selamat mencoba..


Tag : how to
0 Komentar untuk "Komponen 3000 Perak ini Penyebab Magic Com Mati Total"

Back To Top