Indahnya berbagi

Daftar Sungai Terpanjang Di Tanah Air


Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil. Beberapa pulau besar memiliki sungai-sungai yang panjang dengan jarak ratusan kilometer antara hulu dan hilir sungai. Sungai-sungai besar yang berada di pulau Kalaimantan dan Sumatera dijadika.jalur transportasi dan jalur ekonomi. Sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas, terletak di provinsi Kalimantan Barat. Berikut ini daftar nama-nama sungai terpanjang di Indonesia beserta penjelasannya.

Daftar 5 Sungai Terpanjang Di Indonesia

  1. Sungai Kapuas, memiliki panjang total dari hulu ke hilir 1.178 Km. Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia. Berada di pulau Kalimantan tepatnya masuk dalam wilayah provinsi Kalimantan Barat.
  2. Sungai Mahakam, merupakan sungai ke dua terpanjang di Indonesia setelah Sungai Kapuas. Memiliki total panjang antara hulu dan hilir sepanjang 920 Km. Masih terletak di pulau Kalimantan tepatnya di provinsi Kalimantan Timur. Sungai Mahakam bermuara disekitar selat Makassar. 
  3. Sungai Barito, memiliki total panjang dari hulu ke hilir sepanjang 900 Km masih terletak di pulau Kalimantan. Sungai Barito hulunya berada di daerah Barito, Kalimantan Tengah. Sungai ini bermuara ke laut Jawa dengan ujungnya di daerah Muara Banjar.
  4. Sungai Batang Hari, Merupakan sungai terpanjang ke empat di Indonesia yang berada di pulau Sumatera. Memeiliki total panjang dari hulu ke hilir sekitar 800 Km. Sungai Batang Hari melintasi dua porvonsi yaitu provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi
  5. Sungai Musi, merupakan sungai trepnajang ke dua di pulau Sumatera dan sungai terpanjang ke lima di Indonesia. Sungai Musi mempunyai total panjang antara hulu dan hilir sekitar 750 Km. Terletak di provinsi Sumatera Selatan, membelah kota Palembang. Ikon Sungai Musi yang terkenal adalah Jembatan Ampera yang seklaigus menjadi ikon kota Palembang. 
Demikian 5 Nama-nama sungai terpanjang di Indonesia beserta nama daerahnya. Semoga bermanfaat...

Tag : IPS
0 Komentar untuk "Daftar Sungai Terpanjang Di Tanah Air"

Back To Top