Indahnya berbagi

Sejarah Mouse


Kata mouse kalau di translate dengan google translate atau bing translate ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah tikus, hewan pengerat salah musuh petani. Mengapa device komputer ini disebut Mouse?


Jawabannya adalah karena kemiripin perangkat komputer ini dengan bentuk tubuh seekor Tikus. Bentuk Mouse komputer mirip dengan badan tikus dan kabel Mouse yang panjang menerupai dengan ekor Tikus.

Mouse pertamakali ditemukan tahun 1961 oleh Douglas Engelbart, Engineer Amerika Serikat.  Namun kata Mouse sendiri baik Douglas Engelbart atau Timnya tidak tahu siapa yang pertamakali mengucapkan nama mouse untuk nama perangkat yang mereka temukan.

Ide penemuan mouse berawal saat Douglas Engelbart mengikuti acara tentang komputer grafis. Waktu itu sebelum ditemukan mouse pengoperasian komputer belum efisien. Terfikir dalam benaknya untuk menggunakan sepasang roda kecil yang melintasi meja, satu roda berputar secara horizontal, satu berputar secara vertikal, komputer bisa melacak putaran kedua roda sebagai input untuk memindahkan kursor pada layar monitor sehingga lebih efisien tanpa harus mengetik di keyboard. Ide ini merupakan awal teknologi mouse.

Sejak ditemukan tahun 1961 hingga kini, mouse tetap dipergunakan dan selalu dikembangkan teknologinya.



Tag : komputer
0 Komentar untuk "Sejarah Mouse "

Back To Top