Indahnya berbagi

Nama-Nama Galaksi Dalam Tata Surya


Apa yang di sebut dengan galaksi? Galaksi adalah kumpulan palnet-planet, kumpulan bintang, gas, debu, nebula dan benda langit lainnya di dalam ruang hampa jagat raya. Setiap anggota galaksi memiliki gravitasi. Pusati galaksi terdiri dari sebuah benda langit yang dikelilingi oleh benda langit lain yang ukurannya lebih kecil. Benda langit yang ukuran lebih kecil merupakan anggota dari galaksi, berputar dengan teratur mengelilingi pusat galaksi

Nama-nama Galaksi Yang Ditemukan Oleh Ahli
  • Galaksi Bimasakti
  • Galaksi Magelian
  • Galaksi Ursa Mayor
  • Galaksi Jauh
  • Galaksi Andromeda
  • Galaksi Black Eye
Galaksi Bimasakti merupakan galaksi tempat matahari berada, galaksi ini ditemukan tahun 18 Juli 1983 oleh astronom Inggris, William Hershel. Menurut astronom Belanda Prof. Kapteyn galaksi bimasakti terdiri dari satu kumulan besar bintang yang berbentuk seprti cakram.

Galaksi Magelian adalah galaksi yang paling dekat dengan galaksi Bimasakti jaraknya kurang dari150,000 tahun cahaya letaknya berada dibelahan langit selatan. Galaksi Magelian terlihat seperti kabut.

Galaksi Ursa Mayorberbentuk elips dan rapat, dari galaksi Bimasakti jaraknya sekitar 10.000.000 tahun cahaya.

Galaksi Jauh merpakan galaksi yang terletak lebih dari 10.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti

Galaksi Andromedaberjarak kurang lebih 2.000.000 tahun cahaya dari galaksi Bimasakti, berbentuk spiral. Pusat galaksi berwarna putih dan sangat terang.

Galaksi Mata Hitam/Black Eye memiliki cincin kabut dan berwarna gelap. Galaksi ini dietmukan oleh Charles Messier.

Tag : IPA
0 Komentar untuk "Nama-Nama Galaksi Dalam Tata Surya"

Back To Top