Indahnya berbagi

Langkah-langkah Memandikan Bayi Info Buat Bunda

Menjadi seorang Ibu wajar kalau saat memandikan buah hatii yang kali pertama timbul rasa khawatir. Tekanan pikiran saat memandikan bayi kali pertama cukup banyak. Timbul berbagai perasaan dalam hati saat memandikan bayi pertama. Berikut ini panduan langka demi langkah yang harus dikerjakan sebelum dan sesudah memandikan bayi.

Persiapan Sebelum Memandikan Bayi

Sebelum proses memandikan bayi dilakukan, persiapkan seluruh keperluan saat mandi. Siapkan bahan-bahan atau keperluan yang dibutuhkan dekat dengan lokasi memandikan bayi, kumpulkan semuanya. Anda pasti perlu sabun, sampo, handuk, bedak, krim pelembab, sisir atau kuas .Anda juga harus cek suhu air, jadwal makan bayi, suhu tubuh, dan lainnya.

Perikasa Diri, Pakaian dan Perhiasaan 

Ketika akan memandikan bayi periksalah pakaian yang dipakai, hindari menggunakan pakaani yang memakai resleting, aksesoris yang bisa melukai bayi. Periksa kuku-kuku jari potong kuku jika diperlukan, lepas cicncin atau gelang. Kuku dan perhiasan ditangan dkhawatirkan bisa melukai kulit lembut bayi.

Persiapan Bak Mandi

Ketiak membeli bak mandi pilihlah sesuai yang dibutuhkan misal ukuran bak mandi atau bahan pembuat bak mandi.Jika memandikan bayi di bak mandi yang licin, hamparkan kain-kain di dasar bak mandi agar bayi tidak terpeleset. Jangan pergunakan bak mandi dewasa saat memandikan bayi. Bak dewasa biasanya lebih besar dan dalam beresiko bagi bayi. Isi bak mandi dengan air secukpnya.

Atur suhu  air agar tidak membuat kulit lembut bayi terluka, bayi memiliki kulit yang sensitif dibandingkan kulit dewasa. Suhu antara 36ºC dan 38ºC adalah suhu  yang terbaik untuk memandikan bayi.

Praktek Memandikan Bayi

Gambar: Shutterstock
Memandikan bayi untuk kali pertama sebetulnya bukan hal yang sulit. Anda hanya butuh kesabaran dan konsentrasi. Cara memandikan bayi :

Cara Meletakan Bayi di Bak Mandi

  • Letakkan bayi di bak mandi dengan kedua kakinya terlebih dahulu. Pegang kepala, punggung, dan lehernya dengan tangan yang lain lalu baru dimandikan
  • Jika Anda telah menurunkan bayi dengan baik dan menahannya dengan benar, sebaiknya Anda mulai menuangkan air.
  • Gunakan gayung kecil Anda untuk menuangkan air ke tubuhnya. Jangan menuangkan air ke mata, mulut, atau telinga. 
  • Jika ada seseorang yang membantu Anda, mintalah mereka untuk membantu mengucurkan air di atas mata dan telinga bayi. Ini akan memastikan mencegah bahwa air atau sabun tidak masuk ke mata dan telinga bayi. 

Cara Menyabuni Bayi

  • Mulailah dengan menyabuni lengan, tungkai, dan perut. Setelah Anda mencuci area ini, angkat perlahan bayi untuk membasuh punggungnya. Jangan membalikkan bayi. Sabun yang Anda gunakan harus lembut, teruji secara klinis, dan aman untuk bayi. 
  • Jangan mencuci muka bayi. Anda bisa menghapusnya dengan lembut dengan kain lembab atau dengan kapas. 
  • Saat membersihkan alat kelamin, gunakan hanya sedikit saja,setetes sabun cukup. Untuk bayi perempuan, cuci dari depan ke belakang untuk mencegah infeksi, karena uretra pada anak perempuan lebih dekat ke kandung kemih dan rentan terhadap infeksi. 
  • Jangan lupa untuk membersihkan belakang telinga, antara jari, di bawah lengan, dan tempat-tempat biasanya keringat dan kotoron berkumpu

 Cara mencuci Rambut Bayi


  • Untuk mencuci rambut bayi Anda, letakan kepalanya sedikit ke arah belakang. lakukan secara lembut dan pastikan bayi merasa nyaman pada posisi tersebut
  • Oleskan sampo atau sabun bayi ke telapak tangankemudian usapkan dan pijat lembut ke rambut bayi
  • Bilas dengan air tutupi mata dan telinga bayi Anda saat Anda mencuci rambutnya
  • Ingatlah untuk memeriksa suhu air lagi, jika perlu, untuk memastikan bahwa tidak terlalu panas atau dingin
  • Bayi tidak perlu keramas rambut secara teratur. Melakukannya seminggu sekali sudah cukup karena kulit kepala bayi memiliki minyak alami yang menjaga kebersihan.

Cara Mengeringkan Bayi

  • Keringkan bayi Anda segera setelah mandi. Pastikan tidak ada tetesan air atau  yang tertinggal di tubuh bayi 
  • Angkat bayi Anda dari bak mandi dengan hati-hati. Bungkus dia dengan handuk besar tapi jangan sampai menutupi wajahnya
  • Gunakan kapas atau kain lembut untuk menyeka wajahnya lakukan dengan lembut
  • Keringkan rambutnya dengan terlebih dahulu dengan handuk selanjutnya pijat lembut rambutnya. Bayi tidak memiliki rambut yang sangat tebal sebaiknya saat mengeringkan rambut dengan handuk tidak perlu terlalu keras
Demikian langkah-langkah memandikan bayi, semoga membantu bunda yang baru belajar atau kali pertama memandikan buah hati.
Tag : parenting
0 Komentar untuk "Langkah-langkah Memandikan Bayi Info Buat Bunda"

Back To Top