Indahnya berbagi

Contoh Hewan Air Tidak Bertulang Belakang (Avertebrata) Atau Invertebrata


Kelompok hewan jika dibedakan berdasarkan tulang belakang menjadi dua yaitu kelompok hewan bertulang belakang  (Avertebrata) atau Invertebrata dan kelompok hewan tidak bertulang belakang (Vertebrata). Kelompok hewan Avertebrata adalah kelompok hewan yang paling banyak di dunia, menurut penelitian lebih dari 2 juta jenis terdapat diseluruh dunia.

Ciri-Ciri Kelompok Hewan Avertebrata

  • Tidak bertulang belakang
  • Susunan syaraf pusat terletak di perut
  • Berkembang biak secara kawin dan tidak kawin
  • Susunan alat tubuh masih sederhana
  • Umumnya memiliki rangka luar
  • Otak tidak dilindungi oleh tengkorak

 
5 hewan invertebrata
Contoh hewan Invertebrata

Contoh-contoh Hewan Air  Avertebrata

contoh hewan air invertebrata

Contoh hewan air avertebrata


contoh hewan invertebrata

 Hewan Avertebrata atau Invertebrata merupakan hewan berdarah dingin, jenis hewan ini bergantung pada lingkungannya untuk menjaga panas tubuh mereka.

Invertebrata tidak memiliki kerangka tulang seperti vertebrata , berbeda dengan vertebrata invertebrata banyak mempunyai kerangka internal atau eksternal. Beberapa hewan memiliki kerangka yang berstruktur keras yang terdiri dari bahan kristal (seperti kristal, bening atau transparan) sementara yang lain memiliki penutup luar yang disebut kutikula, seperti pada arthropoda, yang terbuat dari kitin (polisakarida yang mengandung nitrogen, yang terkait secara kimia dengan selulosa, yang membentuk zat horny semitransparan). Beberapa hewan invertebrata mempertahankan diri dari predator lewat bentuk tubuh mereka melalui kutikula yang keras dan fleksibel.

Tag : IPA
0 Komentar untuk "Contoh Hewan Air Tidak Bertulang Belakang (Avertebrata) Atau Invertebrata"

Back To Top