Indahnya berbagi

Contoh-Contoh Organisasi Di Lingkungan Masyarakat


Di lingkungan sekolah kita mengenal berbagai organisasi. Organisasi-organisasi ini dibentuk untuk membantu kegiatan pendidikan di sekolah. Pengertian organisasi menurut James D Mooney ,organisasi adalah bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama. Contoh Organisasi yang berada dilingkungan sekolah seperti Osis, PMR, Pramuka, Paskibra dan Rohis.

Selain di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat atau lingkungan sekitar kita menjumpai organisasi-organisasi baik yang formal atau non formal. Sebagai mahluk sosial manusia membutuhkan interakasi sosial. Kehadiran organisasi di masyarakat memudahkan masyarakat dalam menyalurkan aspirasi dan mempermudah dalam mencapai tujuan bersama.

pemain film bank emok
Pak RT Kebon Kosong


Contoh-contoh Organisasi di Masyarakat
  • Rukun Tetangga (RT), merupakan contoh organisasi di masyarakat yang dibentuk untuk memberikan pelayanan public kepada warga atau masyarakat sekitar seperti pelayanan pembuatan KTP atau masalah administrasi warga yang lainnya.
  • Rukun Warga (RW), merupakan organisasi dari gabungan beberapa Rukun Tetangga (RT). Cakupan wilayah RW lebih luas daripada RT.
  • Desa/Kelurahan, Kalau desa dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang dipilih secara langsung oleh masyrakat. Sedangkan kalau Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah yang merupakan Pegawai Negeri Sipil yang diangkat oleh Bupati. 
  • Karang Taruna, adalah organisasi kepemudaan yang berada dilingkungan desa atau kelurahan, Merupakan wadah untuk pembinaan para pemuda dan remaja dalam berbagai kegiatan positif misalnya kesenian, olah raga, keterampilan dan lain-lain
  • Posyandu singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu. Organisasi yang didirikan oleh masyarakat untuk memberikan pelayan terpadu kesehatan khususnya untuk balita.
  • Badan Permusyawarahan Desa (BPD), lembaga dilingkungan desa yang dibentuk untuk membantu pengaturan dan penyelenggaraan pemerintah desa. Berfungsi juga untuk menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
Keberadaan organisasi di masyarakat secara umum mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu masyarakat disekitarnya bukan meresahkan masyarakat sekitar.


Tag : PPKN, School
0 Komentar untuk "Contoh-Contoh Organisasi Di Lingkungan Masyarakat"

Back To Top