Indahnya berbagi

Cara Cacing Tanah Bergerak Atau Berjalan


Cacaing tanah memiliki bagian tubuh yang bersegmentasi. Oleh karenanya Cacing tanah masuk dalam kelompok fileum hewan Anellida. Jumlah segmen Cacing tanah jenis Pheretima bisa mencapai 95-150 segmen. Untuk jenis Cacing tanah Lumbricus yang mempunyai bentuk tubuh pipih mempunyai segmen 90-195 segmen. Cacing tanah termasuk hewan melata karena bergerak atau berjalan dengan menggunakan otot perut.

Cara Cacing Tanah Berjalan

Cacing tanah tidak memiliki tulang, seperti tulisan diatas tubuh cacing tanah terdiri dari beberapa segmen, namun mereka memiliki sistem otot yang kompleks. Dengan otot-ototnya itu cacing tanah bisa berubah dengan cepat bergantian menjadi pendek dan tebal atau panjang dan ramping. Cacing tanah juga memiliki bulu-bulu yang tidak terlihat dengan mata telanjang yang disebut dengan "Setae".


wikieducator.org

Setae / Seta membantu Cacing tanah saat melakukan pergerakan. Cacing tanah tidak memiliki alat gerak seperti kaki atau tangan. Perubahan atau kontraksi otot-otot pada Cacing tanah yang menggerakan tubuhnya bergerak kedepan.  Selain Setae, cacing tanah juga dibantu oleh lendir yang melapisi seluruh tubuhnya saat bergerak.

Demikian info cara cacng tanah bergerak atau berjalan. Ada yang geli melihat cacing tanah?

Tag : IPA
0 Komentar untuk "Cara Cacing Tanah Bergerak Atau Berjalan"

Back To Top