Indahnya berbagi

Bukti Peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit


Kerajaan terbesar kedua di Nusantara setelah Kerajaan Sriwijaya adalah Kerajaan Majapahit. Wilyah kekeuasaaan Kerajaan Majapahit hampir seluruh Nusantara ditambah Malaka dan Singapura. Kerajaan Majapahit berlokasi di daerah Jawa Timur. Kerajaan besar ini didirikan oleh Raden Wijaya dengan gelar Sri Kertarajasa Jayawardhana.pada tahun 1292 - 1307 M. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaan pada saat dipimpin oleh Raja Hayam Wuruk yang didampingi oleh seorang patih yang bernama Patih Gajah Mada.

Kemunduran Kerajaan Majapahit terjadi setelah Raja Hayam Wuruk meninggal. Setelah Raja meninggal terjadi perang saudara untuk memperebutkan tahta yang dikenal dengan nama perang Parearea. Perang saudara antara Wikrama Wardana dengan Bre Wirabumi. Perang saudara di Kerajaan Majapahit terjadi saat Wikrama Wardana memerintah. Wikrama Wardana adalah suami dari Kusuma Wardani yaitu Putri dari Raja Hayam Wuruk. Sedangkan Bre Wirabumi adalah putra Raja Hayam Wuruk yang Berasal dari salah satu selirnya.

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit Berupa Candi

  1. Candi Penataran
  2. Candi Surawana
  3. Candi Sawentar
  4. Candi Sumberjadi
  5. Candi Tikus
  6. Candi Tegal Wangi
  7. Candi Jabung

 
Candi Penataran (Pic:http://serbaserbikehidupan.blogspot.co.id)

 

Peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit Berupa Karya Sastra

  1. Kitab Negara Kartagama, kitab ini berisi tentang sejarah Kerajaan Singosari dan Kerajaan Majapahit. Didalam kitab ini terdapat tulisan Pancasila. Kitab Negara Kartagama dikarang oleh Empu Prapanca.
  2. Kitab Arjunawiwaha adalah karangan Empu Tantular
  3. Kitab Sutasoma adalah karangan Empu Tantular juga
Dari peninggalan-peninggalan ini sejarah tentang Kerajaan Majapahit terungkap oleh para peneliti dan sejarawan. Negara kita adalah negara besar sejarah telah membuktikannya.

Tag : IPS
0 Komentar untuk "Bukti Peninggalan-peninggalan Kerajaan Majapahit"

Back To Top