Indahnya berbagi

Jenis-Jenis Alat Pernapasan Hewan

Tidak semua hewan bernapas seperti manusia yaitu dengan paru-paru. Beberapa jenis hewan ada yang bernapas dengan insang, bahkan ada hewan yang mempunyai alat pernapasan khusus yang berbeda dengan hewan lainnya. Berkut ini beberapa jenis hewan yang memeiliki alat pernapasan yang berbeda.

Hewan Menyusui

Yang termasuk kelompok hewan yang menyusui seperti : monyet, orang utan, kambing, gajah, kucing, anjing, ikan paus, lumba-lumba dan lain-lain. Hewan yang menyusui bernapas dengan paru-paru. Pernapasan jenis hewan-hewan yang menyusui mulai dari hidung, rongga hidung, tenggorokan, bronkus lalu ke paru-paru.

Burung

Proses pernapasan pada seekor burung ketika sedang terbang dan saat tidak terbang berbeda. Hal ini dikarenakan burung mempunyai kantong udara. Alat pernapasan burung dimulai dari hidung, tenggrokan, bronkus, paru-paru dan kantong udara. Kantong udara berfungsi sebagai alat bantu pernafasan saat burung terbang. Kantong udara adalah perluasan dari paru-paru, letaknya dibagian dada, perut, leher dan sayap. Ketika burung tidak terbang proses masuk dan keluarnya udara ke paru-paru dilakukan oleh pergerakan tulang dada. Saat terbang pergerakan tulang dada diperlukan untuk kebutuhan terbang sehingga pernapasan dilakukan oleh kantong udara.

Serangga

Kelompok jewan jenis serangga bernafas dengan sistem Trakea. Hewan seperti nyamuk, jangkrik, belalang, lalat, kupu-kupu, rayap dan lain-lain memeiliki sistem pernapasan yang terdiri dari spirakel, tabung trakea dan trakeol. Tempat udara masuk dan keluar dalam serangga terjadi pada lubang-lubang kecil yang terdapat pada tubuhnya yang disebut dengan nama Sprikel. Tabung Trakea berfungsi sebagai saluran udara bentuknya mirip tangga. Proses pernapasan pada serangga dimulai dari Sprikel, mengalir ke Trakea lalu ke Trakeol baru kemudian diserap oleh sel-sel tubuh.

nyamuk bernapas dengan trakeol
Nyamuk


Cacing

Mengapa cacing suka hidup ditempat yang lembab dan basah? Karena cacing menggunakan kulit untuk bernafas. Kulit cacing yang lembab dan basah memudahkan cacing untuk melakukan proses bernapas atau melakukan pertukaran udara.

Ikan

Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Bentuk insang seprti sisir yang berderat, berwarna merah, terletak dibagian kepala ikan. Udara yang terkandung di dalam air masuk lewat mulut, kemudian oleh insang udara diolah, oksigen diserap dan karbondiokasida dikeluarkan.

Katak 

Katak bernapas dengan paru-paru. Namun saat katak dalam tempat berair dimana kulit katak basah, kulit katak bisa juga berperan sebagai tempat pertukaran gas pernapasan. Paru-paru katak berupa dua kantong tipis dihubungkan ke rongga mulut oleh sebuah lubang yang disebut glotis.

Reptil

Reptil adalah hewan yang juga bernapas dengan paru-paru. Tetapi berbeda dengan hewan amfibi yang juga bisa bernapas dengan kulit, reptil tidak bisa bernapas dengan kulit. Karena kulit reptil bersisik dan kering yang tentu saja tidak bisa dipergunakan untuk pertukaran gas pernapasan layaknya hewan amfibi. Namun parau-paru hewan reptil lebih besar dari paru-paru hewan amfibi.

Demikian mengenal hewan-hewan disekitar kita yang menggunakan alat pernapasan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat...


Tag : IPA
0 Komentar untuk "Jenis-Jenis Alat Pernapasan Hewan"

Back To Top