Indahnya berbagi

Ibu Fatmawati Dan Proklamasi 17 Agustus 1945


Bendera merah putih pertama kali dikibarkan saat Proklamasi kemerdekaan. Bendera merah putih pertama yang dikibarkan kini dikenal sebagai bendera pusaka. Bendera saksi bisu sejarah kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejarah mencatat penjahit bendera merah putih yang dikibarkan saat proklamasi adalah Ibu Fatmawati, Ibu Negara Pertama Indonesia.

Ibu Fatmawati
Ibu Fatmawati berasal dari Bengkulu, Sumatera Barat. Beliau lahir pada Hari Senin, 5 Februari 1923 di Bengkulu, masih berdarah biru karena Ayahanda Hassan Din dan Ibunda Siti Chadijah, adalah masih keturunan dari kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Menikah dengan presiden pertama RI Soekarno pada tanggal 01 Juni 1943 saat berusia 20 tahun. Ketika Indonesia merdeka Soekarno dan Hatta jadi Presiden dan Wakil Presiden yang pertama. Secara otomatis Ibu fatmawati menjadi Ibu negara yang pertama republik ini.

Soekarno - Fatmawati
Ibu Fatmawati meninggal di Kuala Lumpur saat berusia 57 tahun, beliau meninggal karena sakit pada tanggal 14 Mei 1980.

Dengan mengetahui sejarah berdirinya bangsa ini, sebagai generasi penerus semoga kita bisa mengisi kemerdekaan yang telah direbut dari tangan penjajah dengan tetesan darah dan air mata para Pahlawan. Mari kita teruskan perjuangan mereka dengan melakukan hal-hal yang positf bagi bangsa dan negara tercinta Indonesia.

MERDEKA !






Tag : sejarah
0 Komentar untuk "Ibu Fatmawati Dan Proklamasi 17 Agustus 1945"

Back To Top