Indahnya berbagi

Imunisasi Campak & Rubella Bermaterai


Hari ini dapat surat pemeberitahuan dari pihak sekolah bahwa minggu depan akan diadakan vaksinasi atau imunisasi Campak & Rubella (Imunisasi MR), Pihak sekolah mendapat arahan dari Puskesmas bahwa Imunisasi Campak Rubelle sangat penting untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella dan bersifat WAJIB tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Imunisasi ini diberikan kepada anak-anak dengan rentang usis 9 bulan samapai 15 tahun. Di surat juga dilampirkan surat persetujuan untuk orang tua murid agar memberikan persetujuan kepada pihak Puskesmas untuk memberi imunisasi Campak Rubella,

Dan bagi orang tua murid yang tidak memberikan izin untuk imunisasi dipersilahkan untuk mengisi SURAT PERNYATAAN bermaterai yang disediakan oleh Puskesmas. Dengan catatan Materai bawa sendiri..he..he.he..

Campak Dan Rubella Menurut Medis

Penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus. Penyakit infeksi ini menular melalui udara atau pernafasan. Ketika penderita batuk atau bersin virus bisa menyebar lewat udara. Bekas piring atau gelas minuman penderita atau berbagi makanan dengan penderita bisa tertular virus Rubella. Berlaku juga apabila sobat menyentuh hidung, mulut atau sesuatu yang sudah terkontaminasi virus Rubella. Penyakit Campak Rubella (Campak Jerman) dapat menyerang anak dan dewasa, bagi yang belum diimunisasi atau belum pernah terkena sakit Campak Rubella lebih beresiko terkena infeksi. Bagi yang telah di imunisasi pun bukan berarti 100% akan terbebas dari Campak Rubella, hanya saja jika terinfeksi lebih ringan. Wallahu a’lam


Tanda-tanda terjangkit Campak Rubella

Gejala-gejala pada penderita Rubella dewasa cenderung lebih parah dari pada penderita anak-anak. Namun dalam beberapa kasus penderita Campak Rubella tidak menunjukan tanda-tanda atau gejala yang berarti. Orang menganggapnya hanya batuk & filek biasa saja. Berikut ini tanda-tanda umum yang biasa terjadi pada penderita Rubella :
  • Nyeri pada sendi-sendi
  • Terdapat ruam berbentuk bintik-bintik kemerah-merahan di wajah, badan, tangan dan kaki kemudian bisa menyebar ke seluruh badan. Bintik-bintik merah ini umumnya berlangsung 1-3 hari
  • Demam
  • Hidung mampet beringus
  • Napsu makan berkurang
  • Pembengkakan kelenjar limfa di telinga dan leher
  • Iritasi ringan pada mata
Masa-masa penularan virus yang paling tinggi terjadi saat hari ke 1-5 setelah ruam muncul. Segera periksakan diri anda atau keluarga ke dokter jika mengalamii sakit dengan gejala-gejala di atas. Dokter akan melakukan diagnosis dengan tes air liur dan darah di laboratorium. Jika hasil laboratorium terdapat antibodi lgM berarti postif terinfeksi Rubella atau sebelumnya pernah melakukan vaksinisasi.

Bahaya Sakit Campak Rubella

Penyakit Campak bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya seperti diare, radang paru peunomia, radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Jika ibu hamil yang terserang Campak Rubella bisa mengakibatkan keguguran dan bayi yang lahir beresiko cacat.

Pencegahan Campak Dan Rubella Menurut Ilmu Kesehatan

Menurut dunia kesehatan penanganan efektif pencegahan Campak dan Rubella adalah dengan imunisasi MR. Baca : http://www.depkes.go.id/
Vaksin MR adalah kombinasi vaksin Campak dan Rubella.

Jika sudah terinfeksi Campak Rubella tidak ada pengobatan medis yang bisa mematikan virus. Obat medis hanya membantu meringankan sakit yang ditimbulkan. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan bisa dilakukan langkah-langkah berikut ini :
  • Berdoa biar cepat sembuh
  • Banyak beristirahat
  • Makan makanan yang bergizi dan halal agar daya tahan tubuh meningkat
  • Banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi
  • Jika diperlukan minum parasetamol atau ibuprofen untuk meringankan demam dan nyeri sendi
  • Jika sakit tenggorokan dan hidung beringus bisa minum madu dengan air hangat atau obat tradisional lainnya kalau tidak mau minum obat kimia.
Setiap penyakit pasti ada obatnya, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, Allah SWT yang menentukan. Imunisasi adalah salah satu ikhtiar manusia diantara ikhtiar-ihktiar lainnya dalam mencegah suatu penyakit tertentu. Fatwa MUI tentang imunisasi hukumnya adalah MUBAH.

Bagi mereka yang berikhtiar dengan cara lain, harus kita hormati, bagaimana pun teknologi atau ilmu pengetahuan manusia punya keterbatasan. Manfaat imunisasi untuk mencegah penyakit sejak dahulu para ilmuwan ada yang pro sama kontra.

Coba baca disini : Info imunisasi versi kelompok Anti Vaksin



Tag : Info
0 Komentar untuk "Imunisasi Campak & Rubella Bermaterai"

Back To Top