Indahnya berbagi

Puasa Ramadhan Pertama Hisyam

Marhaban ya Ramadhan,
Bulan puasa tahun ini 1438 H (27 mei 2017) bagi Hisyam berbeda, karena bulan puasa tahun ini adalah puasa pertama bagi Hisyam. Tahun ini Hisyam belajar puasa "full" sampai magrib, berbeda dengan puasa tahun sebelumnya hanya setengah hari atau tidak puasa sama sekali. Usia Hisyam baru 7 tahun jalan, tahun ini dia masuk kelas 1 SD. Beberapa hari kemarin baru wisuda di TK An-Nur Lemahabang wadas.

Hari-hari pertama puasa "sangat berat" bagi Hisyam agar bisa finish sampai magrib. Uminya pun butuh "perjuangan" untuk membujuk agar jangan sampai batal. Alhamdulillah sekarang puasa sudah berjalan hampir setengahnya dan Hisyam belum batal. Semoga bisa tamat sampai lebaran puasanya.

Suksesnya Hisyam menjalani ibadah puasa hingga sekarang membuat kami bangga dan bersyukur. Terkadang nggak tega juga melihatnya. Badannya sekarang sedikit kurus, tapi ngak apa-apa yang penting sehat. Dengan melatih anak puasa sejak dini pasti banyak manfaat buat dirinya kelak jika sudah diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Postingan kali ini kami ingin share beberapa hal yang dilakukan dalam melatih anak kecil berpuasa untuk yang pertama kali.

harga beko mainan
Naik Beko

Tips Melatih Anak Puasa Pertama

  •  Sebelum puasa informasikan kepada anak hal-hal atau kegiatan dalam bulan puasa. Misalnya, "nak besok kan puasa, kita wajib berpuasa, kalau puasa nanti malamnya ada sholat tarawih di masjid, ada sahur dan kalau magrib puasa baru buka". Anak kita pasti bertanya apa ini, apa itu dan mengapa harus begitu. Jelaskan dengan baik kepada anak.
  • Malam pertama sebelum tidur informasikan ke anak bahwa nanti akan dibangunkan untuk makan sahur.
  • Kalau Hisyam dibangunkan sahur kadang gampang, kadang susah. Kalau lagi susah dibangunin ngak apa-apa disuapin makan sahurnya, matanya merem tapi mulutnya sambil makan, mungkin karena ngantuk banget.
  • Siang hari adalah tantangan yang paling berat.Namanya anak-anak pasti senang bermain, teman-teman Hisyam ada yang puasa dan tidak. Saat bermain ini goadannya tinggi. Bisa karena melihat temannya yang tidak puasa atau karena asyiiknya bermain hingga lupa kalau sedang berpuasa. Sehingga kalau pulang suka bilang haus dan ingin buka puasanya. Sejak itu Hisyam ngak boleh main yang istilahnya "menguras" energi dan membuat haus. Dan bermain kalau bisa sama temen-temen yang puasa agar tidak tergoda jajan,
  • Namanya anak-anak belajar puasa pasti suka merengek-rengek ingin buka. Jujur saja tidak tega juga melihatnya, tapi demi kebaikannya kita harus kuat. Alihkan perhatian anak ke haus dan lapar dengan berbagai cara. Misalnya ajak ngobrol, cerita, ajak nonton TV, ajak tidur atau ngabuburit. Bujuk anak misalkan kalau puasanya tamat sebulan tidak batal, nanti lebaran dibelikan mainan, sepeda atau jalan-jalan atau tanya ke anak mau dibeliin apa. Kalau hisyam sih ingin dibeliin mobil beko remot.
Demikian beberapa hal atau cara kami melatih anak belajar berpuasa untuk yang pertama kali, Semoga Hisyam puasanya bisa tamat sebulan penuh, Amiiin.
Tag : parenting
0 Komentar untuk "Puasa Ramadhan Pertama Hisyam"

Back To Top