Indahnya berbagi

Tips Mengajarkan Anak Yang Takut Berenang

Anak-anak biasanya suka bermain basah-basahan alias bermain air baik itu di kamar mandi atau di kolam renang. Tapi ternyata ada juga anak-anak yang takut air atau takut diajak berenang di kolam renang. Biasanya seminggu sekali, sebulan sekali atau saat libur sebagian orang tua mengajak keluarga untuk berenang di kolam renang. Tidak asyik kan kalau yang lain happy-happy bermain air atau berenang, si adik malah takut berenang, turun ke kolam saja sudah takut.


Tips Orang Tua Mengajarkan Anak Agar Tidak Takut Berenang

Kejadian anak-anak yang takut berenang bisa kita lihat saat area kolam renang umum. Beberapa orang tua berusaha membujuk buah hatinya yang takut turun ke kolam, Berbagai upaya dilakukan, ada yang berhasil dan ada yang tidak. Malah ada yang sampai membuat anaknya menangis atau berteriak takut. Tips berikut ini bisa anda coba untuk melatih atau mengajarkan anak agar tidak takut berenang.
  •  Sabar, santai saja jangan terburu-buru atau bernafsu dan memaksa anak untuk berenang di kolam renang. Jika terlalu buru-buru atau memaksa anak, membuat anak menjadi tidak nyaman dan tertekan. Anak menjadi stres dan tidak nyaman belajar berenang. Kita harus lebih sabar, tidak tergesa-gesa dalam mengajarkan anak berenang. Hasilnya akan lebih efektif dari pada dilakukan dengan memaksa dan terburu-buru.
  • Pergunakan pelampung, sebagai permulaan pasang pelampung pada anak yang akan kita ajarkan berenang agar anak percaya diri saat berada di air. Dengan pelampung anak bisa nyaman di air yang awalnya mereka berfikir air atau kolam renang menakutkan. Setelah anak berani turun ke kolam dengan pelampung biarkan mereka bermain air agar timbul kepercayaan diri hingga akhirnya anak tidak mau menggunakan pelampung lagi. Hal ini butuh proses
  • Pergunakan Kolam Dangkal, jangan memaksa atau membujuk anak untuk bermain atau berlatih di kolam yang lebih dalam. Biarkan anak bermain-main air di kolam dangkal sampai perasaan takut airnya benar-benar hilang. Sekali lagi dibutuhkan kesabaran orang tua dalam hal ini. 
  • Mengajak teman-teman, berada bersama teman-teman bisa menambah keberanian dan percaya diri anak. Mengajak teman-teman sebaya anak untuk berenang bersama ide bagus dalam melatih anak untuk belajar berenang. Ketika anak melihat salah satu temannya sudah selangkah lebih maju, misal pindah ke kolam lain, anak akan mencoba untuk meniru. Dilain hal olok-olok atau tekanan teman-teman bisa juga berdampak postif untuk memicu anak lebih baik lagi dalam hal berenang
  • Teknik Berenang, setelah anak nyaman dan tidak takut air lagi, mulai perkenalkan teknik berenang yang baik dan benar. Pada tahap ini jika diperlukan anda bisa mengundang pelatih untuk mengajarkan anak berenang.
Kegiatan mengajarkan anak untuk tidak takut air, melatihnya berenang hal yang sangat postif, orang tua telah melatih anak sebuah keterampilan yang sangar bermanfaat yaitu BERENANG.

Tag : parenting
0 Komentar untuk "Tips Mengajarkan Anak Yang Takut Berenang"

Back To Top