Indahnya berbagi

Pasta Gigi Itu Odol



Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi....

Diatas adalah penggalan bait lagu anak-anak yang "mungkin" terinspirasi dari kegiatan sehari-hari, menggosok gigi. Menggosok gigi secara rutin dengan baik dan benar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Anak-anak sejak dini sebaiknya diajarkan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Menurut anjuran kesehatan menggsosok gigi dilakukan setelah makan, sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Pergunakan pasta gigi yang rasanya disukai oleh anak-anak untuk merangsang anak-anak melakukan sikat gigi dengan rutin. Salah membeli pasta gigi biarkan anak memeilih sendiri pasta gigi yang disukai.

Sikat gigi menggunakan pasta gigi mungkin terdengar sedikit "aneh", berbeda kalau kita menyebutnya odol, sikit gigi menggunakan odol, terasa lebih familiar ditelinga orang Indonesia. Istilah Odol bagi orang Indonesia lebih familiar dibandinglan pasta gigi.

Mengapa Pasta Gigi Biasa disebut Odol

Zaman dulu, sebelum ada pasta gigi seperti sekarang, orang menggunakan berbagai ramuan yang berasal dari hewan atau tumbuhan sebagai pembersih gigi. Dengan jari ramuan tadi di oleskan ke gigi tidak seperti sekarang yang sudah menggunakan sikat gigi. Orang mesir kuno konon membuat ramuan pemebrsih sikat gigi dari cangkang telur yang dibakar kemudian dihaluskan, kuku sapi yang dihaluskan serta dicampur dengan batu apung. Orang Persia membuat ramuan pasta gigi yang berasal dari berbagai tumbuhan seperti yang tercatat dalam naskah-naskah kuno yang ditemukan oleh para ahli. Kalau di Indonesia orang tua kita dulu biasa menggunakan batu bata yang ditumbuk atau buah pinang yang sudah dihaluskan untuk membersihkan gigi.

Kini, ramuan untuk pembersih gigi sudah modern dikenal dengan nama pasta gigi. Berbagai merek  pasta gigi beredar dipasaran. Dulu salah satu merek pasta gigi yang terkenal di Indonesia sejak jaman Belanda adalah pasta gigi "Odol" yang diproduksi oleh perusahaan Jerman.

Mengapa disebut Odol
Odol dulu dan kini
Orang Belanda menyebut Pasta gigi dengan istilah Tandpasta,(bahasa Belanda) kesulitan menyebut istilah tadi, orang tua jaman dulu pintar, mereka menggantinya dengan menyebutnya "Odol" sesuai merek yang tertera dikemasannya.  Lama kelamaan istilah Odol meng-Indonesia hingga saat kini, lidah kita lebih terbiasa menyebut odol dari pada pasta gigi. Pasti gigi odol sekarang sudah jarang bahkan mungkin tidak dijumpai lagi di Indonesia. Tapi di Jerman dan beberapa negara Eropa seperti Ceko, Belanda, Hungaria dan lain-lain, pasta gigi ini tetap exist karena selalu berinovasi dalam produk.

Meski pasta gigi-mu sudah sulit dijumpai di Indonesia, namun nama-mu masih disebut disini, Odol...




Tag : Info
0 Komentar untuk "Pasta Gigi Itu Odol"

Back To Top