Indahnya berbagi

Nama Lapisan Bumi Yang Paling Bawah

Bumi merupakan satu satunya planet di tata surya yang bisa ditempati oleh berbagai mahluk dan tumbuhan untuk melangsungkan kehidupan. Menurut ilmu pengetahuan bumi sudah terbentuk sejak 4,6 Milyar Tahun yang lampau. Berbagai teori tentang terbetuknya bumi diungkapkan oleh berbagai ilmuwan. Teori yang terkenal dikenal dengan teori The Big Bang. Terbentuknya bumi dengan The Big Bang Theory (Teori Dentuman Besar) diungkapkan oleh ilmuwan Stephen Hawking. Isi dari teori The Big Bang menjelaskan bahwa alam semesta ini bermula dari adanya suatu massa yang sangat besar dengan berat jenis yang juga besar dan suatu waktu mengalami ledakan yang sangat dahsyat karena adanya reaksi pada inti massa. Ledakan besar pun terjadi dimana bagian-bagian dari massa tadi berpencar dan berserakan menjauhi pusat ledakan. Sekian miliar tahun kemudian, bagian-bagian massa tadi berkelompok-kelompok yang dikenal kini sebagai galaksi dalam sistem tata surya modern.

Nama-nama Lapisan Bumi

Lapisan Bumi

Dari gambar lapisan bumi diatas, struktur lapisan-lapisan bumi tempat kita hidup ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  1. Kerak bumi, adalah bagian terluar dari struktur lapisan bumi
  2. Selimut (Mantle) bumi adalah bagian yang terletak dibawah kerak bumi merupakan lapisan batuan padat.
  3. Inti Bumi (Core) adalah merupakan pusat atau inti bumi, lapisan ini terdiri dari material cair dengan kedalaman 2900 – 5200 Km.
Ternyata Inti bumi (core) adalah lapisan bumi yang paling bawah dan dalam dengan jarak menurut para ilmuwan sekitar 2900 hingga 5200 Km.
Tag : IPA
0 Komentar untuk "Nama Lapisan Bumi Yang Paling Bawah"

Back To Top