Indahnya berbagi

Manfaat Gelombang Elektromagnetik Untuk Pertanian

Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian banyak hal yang harus dilakukan. Selain penggunaan pupuk yang benar, pemilihan bibit unggul merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan hasil produksi dalam bidang pertanian. Untuk memperoleh bibit yang unggul, penggunaan teknologi dalam proses menghasilkan bibit unggul bisa dilakukan diantaranya dengan proses radiasi gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik memiliki spektrum yang berbeda-beda. Spektrum elektromagnetik adalah Tatanan seluruh bentuk gelombang elektromagnetik dengan berdasarkan dari frekuensi dan panjang gelombangnya. Urutan sprektum gelombang elektromagnetik dari yang besar sampai kecil sebagai berikut :
  1. Sinar Gamma [y]
  2. Sinar X 
  3. Sinar Ultraviolet
  4. Sinar Tampak [Cahaya]
  5. Sinar Inframerah 
  6. Gelombang Mikro 
  7. Gelombang Televisi 
  8. Gelombang Radio.

Radiasi yang dilakukan pada bibit tanaman misal bibit padi menggunakan sinar gamma. Bibit-bibit padi diberi radiasi dengan takaran dosis yang berbeda sehingga diperoleh varietas yang diharapkan. Contoh pengaplikasian elektromagnetik dalam pertanian:
  • Pengawetan hasil pertanian, saat panen biasanya hasil produksi melimpah sehingga perlu di stock dalam gudang. Untuk mencegah terjadinya pembusukan dan tumbuhnya tunas muda pada hasil panen misal kentang, maka dilakukan radiasi radio aktif untuk mengawetkannnya.
  • Memproduksi bibit unggul, bibit unggul yang diharapkan oleh petani adalah bibit yang tahan lama, berbulir banyak dan cepat panen. Bibit seperti ini bisa diperoleh dengan cara memanfaatkan teknologi elektromagnetik dengan radiasi sinar gamma. Bibit yang terkena sinar radiasi gamma akan mengalami perubahan struktur dan sifat kromoson yang memungkinkan menghasilkan bibit yang lebih baik.
  • Pemberantasan Hama Serangga, Jika serangga jantan diberi radiasi bisa menimbulkan kemandulan. Di laboratorium khusus hama serangga-serangga jantan diberi radiasi agar menjadi mandul setelah itu dilepas di daerah yang terkena hama. Sehingga jika terjadi perkawinan dengan serangga betina telur-telurnya tidak akan menetas. 
  • Pemupukan. memanfaatkan Radioisotop fosfor dalam mempelajari pemakaian pupuk oleh tanaman.Beberapa jenis tanaman mengambil fosfor dari tanah dan sebagian dari pupuk. Berdasarkan penemuan ini makan dipergunakan fosfor radioaktif untuk mengetahui pola penyebaran pupuk dan efesiensi pengambilan fosfor dari pupuk oleh tanaman.
Demikian beberapa pemanfaatn teknologi dalam bidang pertanian


0 Komentar untuk "Manfaat Gelombang Elektromagnetik Untuk Pertanian"

Back To Top