Indahnya berbagi

Proses Terjadinya GGL Induksi ELektromagnetik Faraday


Para ilmuwan telah sepakat bahwa disekitar arus listrik terdapat medan magnet. Hal ini membuat ilmuwan berfikir kebali apakah ada keterkaitan antara kemagnetan dan kelistrikan. Apakah magnet bisa menghasilkan listrik? Akhirnya tahun 1821 seorang ilmuwan yang bernama Michael Faraday dapat membuktikan secara ilmiah bahwa medan magnet bisa menimbulkan listrik.

Teori M Faraday dibuktikan dengan ujicoba sederhana yaitu dengan memasukan sebatang magnet ke dalam sebuah kumparan. Dengan ujung-ujung kumparan dihubungkan dengan alat pengukur arus listrik, Galvanometer. Ketika magnet dimasukan jarum Galvanometer bergerak dan begitu juga ketika batang magnet ditarik jarum Galvanometer pun bergerak. Hanya saja pergerakan jarum berbeda sesuai dengan arah bergeraknya batang magnet.

teori faraday tetang kelistrikan
Percobaan sederhana ini telah membuktikan bahwa magnet dapat menimbulkan arus listrik dan arus listrik timbul jika magnet bergerak. Jika magnet diam jarum Galvanometer tidak bergerak artinya tidak ada arus listrik. Timbulnya arus listrik yang terjadi pada kumparan karena adanya gaya gerak listrik (GGL) induksi.

"Apabila sebatang penghantar digerak-gerakkan sedemikian rupa dalam medan magnet sehingga memotong garis-garis gaya magnet, maka pada penghantar tersebut akan terbentuk GGL induksi"

Proses terjadinya GGL Induksi

Berdasarkan percobaan Faraday diatas, ketika magnet dimasukan kedalam kumparan maka jumlah garis gaya magnet didalam kumparan menjadi bertambah. Hai ini yang menyebabkan timbulnya GGL Induksi pada ujung kumparan sehingga menimbulkan arus listrik. Demikian sebaliknya jika magnet ditarik keluar maka jumlah garis gaya magnet dalam kumparan menjadi berkurang sehingga menimbulkan GGL Induksi pada ujung kumparan dan akhirnya jarum Galvanometer pun bergerak. Pertanda adanya arus listrik yang mengalir. Hal-hal yang mempengaruhi besarnya GGL Induksi :
  • Kecepatan pergerakan magnet
  • Besarnya kumparan
  • Besarnya medan magnet
Terori diatas merupakan cikal bakal pembakit listrik modern saat ini. Thanks Mr Faraday !





0 Komentar untuk "Proses Terjadinya GGL Induksi ELektromagnetik Faraday"

Back To Top