Indahnya berbagi

Pengertian Koperasi

Sejarah Koperasi

Sejarah dunia mencatat gerakan koperasi yang pertama kali ada di negara Scotlandia. Koperasi pertama yang tercatat dalam sejarah ini digerakan oleh Robert Owen (1771-1858) yang sekarang kita kenal sebagai bapak koperasi dunia. Robert Owen menerapakan koperasi dalam bidang usaha pemintalan kapas di wilayah New Lanark, Scotlandia. 

Di tanah air R.Aria wiriatmadja adalah tokoh yang pertama kali menerapkan sistem koperasi. Pada tahun 1897 beliau mendirikan koperasi yang bergerak dalam perkreditan di Purwokerto, Jawa Tengah. Dimana masa itu rentenir sangat merajalela sehingga sangat menyengsarakan rakyat yang banyak terlilit hutang. Koperasi pun berkembang pesat, melihat fenomena ini penjajah Belanda khawatir koperasi menjadi wadah pusat perlawanan. Akhirnya dikeluarkan undang-undang tentang koperasi oleh belanda yaitu UU no. 431 tahun 19. Akibat undang-undang ini koperasi yang berkembang pesat dimana-mana mulai berjatuhan karena izin yang sulit dari Belanda,

 

Pengertian Koperasi 

Berdasarkan Undang-undang Koperasi nomer 25 tahun 1992 pasal 1 ayat (1), pengertian dari koperasi adalah:

“badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi dan sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan”.


Dari penjelasan undang-undang diatas tadi dapat disimpulkan koperasi adalah usaha bersama yang berdasarkan azas kekeluargaan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Menurut pemikiran dari bapak koperasi Indonesia, Drs, Moh, Hatta,
"Perekonomian sebagai usaha bersama dengan berdasarkan atas kekeluargaan adalah koperasi. Karena koperasilah yang menyatakan kerjasama antara mereka yang berusaha sebagai suatau keluarga. Di sini tak ada pertentangan antara majikan dan buruh, antara pemimpin dan pekerja (Hatta, 1951, dalam Hatta, 1954:203)"

Tujuan dan Manfaat Koperasi

Tujuan koperasi adalah:
  1. Meningkatkan kesejahteraan anggotanya
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  3. Membangun tatanan ekonomi nasional
Manfaat koperasi adalah :
  1. Sebagai tiang perekonomian Indonesia
  2. Melatih anggota untuk berorganisasi
  3. Meningkatkan rasa kebersamaan dalam suatu usaha
  4. Sebagai bentuk pengamalan UUD 45 pasal 33 ayat 1



Tag : School
0 Komentar untuk "Pengertian Koperasi"

Back To Top