Indahnya berbagi

Pengertian Bank


Jaman sekarang pasti sedikit atau bahkan tidak ada orang yang tidak tahu tentang Bank. Selain dari iklan-iklan di TV, bank sekarang cukup mudah untuk dijumpai hampir diseluruh pelosok, tidak seperti dulu bank hanya ada di kota-kota saja. Walau tidak semua orang jadi nasabah atau punya tabungan di bank, pengertian bank secara sederhana setiap orang pasti sudah tahu yaitu tempat untuk menabung dan meminjam uang. Kata Bank sendiri berasal dari bahasa Itali yaitu Banca yang bermakna tempat penukaran uang.

Pengertian bank menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Sedangkan pengertian bank secara umum yaitu bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasional

A. Bank Konvensional, 
secara bahasa bank konvensional berarti bank dengan kegiatan operasional menggunakan cara yang sudah biasa yaitu menggunakan metode bunga. Menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 Bank Konvensional adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sistem bunga pada bank konvensional :
  • Penentuan suku bunga dibuat pada waktu akad dengan keuntungan di pihak Bank 
  • Nilai persentase bunga berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjamkan bank.
  • Jumlah pembayaran bunga tidak mengikat
  • Sistem bunga diharamkan dalam agama islam
  • Pembayaran bunga tetap seperti yang dijanjikan tanpa pertimbangan pihak nasabah sedang untung atau rugi

bank emok

B. Bank Syariah
Bank Syariah adalah bank dengan kegiatan operasional menggunakan prinsip syariah agama islam tidak membebankan bunga dan membayarkan bunga pada nasabah. Pencetus pendirian bank syariah di Indonesia dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 18 - 20 Agustus 1990. Prinsip-prinsip kegiatan operasional bank syariah :
  • Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah).
  • Pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah).
  • Prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah).
  • Pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah).
  • Pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina).
Kini bank syariah sudah ada dimana-mana dan semakin berkembang diseluruh dunia. Kini hampir setiap bank konvensional tanah air memiliki juga bank syariahnya.









Tag : IPS
0 Komentar untuk "Pengertian Bank"

Back To Top