Indahnya berbagi

Dress Cheongsam Pakaian Tradisional Saat Imlek

Sebentar lagi imlek atau tahun baru China, tahun ini akan bertepatan dengan tanggal 28 Januari 2017. Istilah Imlek berasal dari bahasa mandarin dari dialek Yin Li yaitu Im= bulan. Lek=penanggalan. Selain istilah Imlek tahun baru China dikenal juga dengan nama Sin Chia. Dalam merayakan tahun baru imlek biasanya ditampilkan berbagai kebudayaan tradisional China/Tiongkok semisal Barongsai. Baju-baju tradisional pun dipakai saat acara memeriahkan imlek. Baju tradisional saat perayaan imlek yang dipakai oleh wanita dikenal dengan nama Cheongsam.

baju imlek anak

Cheongsam kalau diterjemahkan berarti pakaian panjang. Pakian tradisional imlek ini ada juga yang menyebutnya dengan nama qipao. Bahan textil yang dipergunakan bisanya terbuat dari sutra, satin atau brokat. Baju Cheongsam/qipao biasanya identik dengan warna merah. Menurut kepercayaan budaya orang China warna merah melambangkan kesejahteraan dan hoki. Selain warna, motif pakaian Cheongsam atau qipao juga terbilang unik. Motif yang dipakai mengandung berbagai makna yang dipercayai dalam budaya China. Berkut ini beberapa motif yang sering dijumpai pada Cheongsam :
  • Cheongsam motif bunga peony, bunga peony dalam tradisional Tionghoa adalah perlambang kekayaan dan kesejahteraan.
  • Cheongsam motif bunga teratai, bunga teratai sebagai perlambang pengorbanan yang sakral. Bagi masyarakat Tibet bunga teratai perlambang kecantikan yang suci.
  • Cheongsam motif naga, dalam kebudayaan China naga adalah perlambang kekuatan.
  • Cheongsam motif bunga krisan, bunga ini melambangkan panjang umur bagi warga Tionghoa.
  • Cheongsam motif ikan, ikan adalah perlambang keberuntungan.
  • Cheongsam motif burung, motif ini melambangkan kecantikan dan kemurnian. Jenis motif burung yang dipergunakan dahulu adalah melambangkan tingkat status sosial. Cheongsam motif burung phoenix biasanya dikenakan oleh permaisuri atau putri kaisar. Cheongsam motif burung merak untuk keluarga bagsawan.

Pakaian Cheongsam kini sudah mendunia, terkenal dan digemari diseluruh belahan dunia. Jika sobat ingin mencoba memakai Cheongsam tidak perlu jauh-jauh pergi ke China. Sekarang sudah banyak lapak-lapak di toko online seperti tokopedia, bukalapak, lazada dan lain-lain yang menjual Cheongsam, tinggal klik beli, bayar, langsung dikirim ke rumah.


Tag : Info
0 Komentar untuk "Dress Cheongsam Pakaian Tradisional Saat Imlek"

Back To Top