Indahnya berbagi

Memelihara Ayam Kampung Untuk Rumahan Di Atas Pohon

Mungkin salah satu kelebihan tinggal di kampung adalah mudah memelihara hewan ternak, Kenapa? karena kalau tinggal di kampung biasanya masih banyak lahan-lahan kosong dan jarak antar rumah tidak padat. Dan rata-rata setiap rumah masih tersisa lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran atau memelihara unggas untuk konsumsi sendiri atau dijual. Diantaranya adalah seperti memelihara ayam kampung. Cukup mudah dan gampang memelihara ayam kampung jika kita tinggal di kampung, karena lingkungan mendukung. Sangat disayangkan kalau kita tidak memanfaatkannya, sangat rugi kalau tinggal di desa atau kampung, mau konsumsi ayam masih harus beli ke pasar.

Memelihara ayam kampung untuk konsumsi rumahan tidak perlu direpotkan dengan membuat kandang, biarkan saja ayam bebas berkeliaran toh masih banyak lahan kosong, karena jumlahnya pun tidak terlalu banyak. Dan untuk kebutuhan pakan ayam tidak perlu report. Untuk pakan ayam bisa memanfaatkan nasi yang tidak habis atau sisa makanan lainnya, tidak perlu menggunakan pakan buatan pabrik.

Kalau tidak punya kandang, lalu ayam tinggal dimana dong? kalau di kampung biasanya masih banyak pohon-pohon disekitar rumah. Kita manfaatkan itu, suruh ayam-ayam peliharaan kita tinggal di pohon-pohon tadi kalau mau "tidur". Emang ayam bisa disuruh? butuh praktek untuk menjawab pertanyaan ini. Biasanya ayam yang kita pelihara dan kasih makan tiap hari akan menurut sama tuannya.


anak ayam kampung super murah
Anak Ayam Kampung


Sediakan saja semacam tangga di pohon yang akan kita jadikan kandang ayam, jika pohonnya tinggi. Kalau pohonnya rendah ngak usah, biasanya ayam bisa langsung terbang ke dahan tanpa perlu tangga. Agar ayam mau tinggal diatas pohon, biasaka memberi makan ayam disekitar pohon tadi. Nanti dengan sendirinya ayam kita "mau" tidur dengan nangkring diatas dahan-dahan pohon. Yang belum bisa paling anak ayam yang masih kecil (pitik) atau baru menetas, sediakan saja kurung untuk sementara waktu. Untuk induk yang akan bertelur kita sediakan sarang-sarang yang menempel atau diikat ke pohon.

Cukup mudah dan gampang kalau ada kemauan dalam memelihara ayam kampung kalau sekedar untuk keperluan komsumsi saja.
Tag : tips
0 Komentar untuk "Memelihara Ayam Kampung Untuk Rumahan Di Atas Pohon"

Back To Top