Indahnya berbagi

Sejarah dan Teknik Dasar Olahraga Tenis Meja

China adalah negara yang dikenal mempunyai atlet-atlet tenis meja peringkat atas dunia. Di Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil 2016, atlet-atlet tenis meja China mendominasi dan memborong medali emas. Olahraga tenis meja sendiri menurut sejarahnya berasal dari Eropa. Di Inggris sekitar pertengahan abad ke-19 olahraga tenis meja sangat populer. Orang Inggris menyebut olahraga tenis meja dengan nama pingpong, gossima dan whiff-whaff. Para bangsawan Inggris meenjadikan tenis sebagai salah satu permainan hiburan dan sekaligus berolahraga.

Olahraga tenis meja mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1930 yang diperkenalkan oleh orang-orang Belanda. Penjajah Belanda kerap memainkan tenis meja di area pertemuan orang Belanda yang dikenal dengan nama societeit. 

Organisasi resmi yang mengatur tenis meja dunia didirikan pada tanggal 15 Januari 2016 yaitu oleh Dr. George Lehman. Di Indonesia wadah yang mengatur olahraga tenis meja awalnya adalah PPPSI yaitu singkatan dari Persatuan Pingpong Seluruh Indonesia, didirikan tahun 1948 di kota Surabaya. Pada tahun 1951 wadah tenis meja nasional berganti menjadi PTMSI yaitu singkatan dari Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia.

Teknis Dasar Tenis Meja

Pengertian dari olahraga tenis meja, tenis mejad merupakan olahraga yang dilaksanakan di dalam gedung. Permainan olahraga tenis meja bisa dlaksanakan oleh dua orang atau empat orang pemain. Diperlukan raket karet (Bet) untuk memukul bola celluloid (bola pingpong) agar bisa melewati net.

Beberapa teknik dasar dalam permainan olahraga tenis meja:
  • Teknik atau cara memegang Bet (Grip), terdapat dua macam cara untuk memegang bet yaitu cara Shakehand Grip (pegangan jabat tangan) dan Penhold Grip (pegangan seperti memegang pensil atau pulpen)

    Teknik dan cara memegang bet yang benar

  • Teknik Sikap Sedia (Stance) adalah posisi saat pemain menunggu bola atau saat akan memukul bola. Teknik ini dibagi dua yaitu teknik Square Stance dan Side stance. Pengertian teknk Square stance adalah posisi dimana badan secara penuh menghadap ke meja. Posisi ini berlaku jika akan menerima servis atau posisi siap kembali setelah mengembalikan bola dari lawan. Side Stance adalah posisi saat badan menyamping ke kanan atau ke kiri, Posisi ini biasanya terjadi saat melakukan pukulan forehand
  • Teknik Gerakan Kaki (Footwork),dalam permainan tenis meja teknik gerakan kaki disesuaikan dengan kondisi  saat antisipasi bola dengan jarak posisi pemain. Teknik Footwork bisa satu langkah, dua langkah dan tiga langkah atau lebih. Arah pergerakannya bisa ke depan, ke belakang, ke samping kiri, samping kanan atau diagonal.
gerakan side stance dalam tenis meja

gerakan square stance dalam tenis meja

Istilah-istilah dalam Tenis Meja 

  • Reli / Rally, istilah yang menjelaskan ketika bola pingpong sedang dimainkan oleh para pemain.
  • Poin, istilah dalam tenis meja jika sebuah reli mendatangkan nilai atau skor
  • Let, istilah untuk reli yang tidak menghasilkan poin
  • Service, pukulan bola pertama untuk memulai reli
  • Wasit, pemimpin pertandingan yang dibantu oleh asisten wasit.
Demikian sekilas info, mengenai  Sejarah dan Teknik Dasar Olahraga Tenis Meja
Tag : School
0 Komentar untuk "Sejarah dan Teknik Dasar Olahraga Tenis Meja"

Back To Top